Singkawang, MC – Pj Wali Kota Singkawang menghadiri sekaligus membuka Musyawarah Kerja (Muker) V Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Singkawang di Balairung Kantor Wali Kota, Sabtu (18/2/2023).

Pj Wali Kota Sumastro mengatakan Pemerintah Kota Singkawang menyadari keberhasilan dalam mewujudkan keadilan gender secara langsung dapat berdampak pada peningkatan kapasitas keterlibatan perempuan di segala bidang pembangunan.

Oleh karena itu, Pemkot Singkawang siap memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada kaum perempuan khususnya GOW untuk dapat menjadi mitra Pemerintah.

“Saya rasa untuk sekarang peran perempuan sangatlah penting, kesetaraan gender telah dilaksanakan di semua aspek kehidupan. Bahkan perannya lebih banyak dari laki-laki”. katanya.

Sumastro menyampaikan melalui Muker V GOW ini semoga dapat merumuskan program kerja yang lebih baik guna mencapai tujuan organisasi dan Pemerintah.

Berbicara soal program kegiatan, Sumastro menekankan untuk dapat berdiri bersama dalam menurunkan angka Stunting di Kota Singkawang. Kehadiran mitra potensial seperti GOW ini diyakini mampu berkontribusi maksimal mengingat Stunting sangat erat kaitannya dengan perempuan.

“Saat ini kita sedang dihadapkan dengan stunting, Saya yakin sekali GOW ini sebagai mitra yang sangat potensial yang diprakarsai para perempuan mampu berkontribusi aktif membina dan mengedukasi perempuan-perempuan lainnya terkait kesehatan kehamilan dan lain lain. Karena memang stunting ini yang mengalaminya ibu dan anak.” tegasnya.

“Selain stunting, Saya juga ingin menekankan pada inflasi. Ibu-ibu yang sebagai poros rumah tangga mungkin bisa menggalakkan program pekarangan pangan lestari, jadi belanja ke pasarnya dapat dikurangi. Belanja pun sesuai skala prioritas saja, sehingga insyaallah akan dapat membantu menekan inflasi Kota Singkawang.”  sambungnya.

Sumastro berpesan kepada pengurus GOW periode 2023-2027 yang terpilih nantinya agar dapat terus aktif mengoptimalkan peran perempuan disegala aspek kehidupan dan dapat bersinergi lebih baik dengan Pemerintah guna mencapai kemajuan organisasi dan mewujudkan visi Kota Singkawang.

“Sekali lagi saya ucapkan, selamat mengikuti Musyawarah Kerja V GOW ini. Semoga memperoleh hasil yang bermanfaat. Dan tetap semangat dalam melayani masyarakat.” ujarnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik