Singkawang, MC – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo yang diwakili oleh Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Singkawang, Jumat (1/4/2022). Dalam peresmian tersebut, Diah didampingi oleh Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsan dan Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie.

MPP yang berlokasi di tengah pusat perbelanjaan Singkawang Grand Mall (SGM) Kota Singkawang ini menjadi MPP ke-56 di Indonesia dengan 160 layanan dari tiga organisasi perangkat daerah (OPD) dan 13 instansi vertikal.

MPP Kota Singkawang merupakan salah satu inovasi daerah yang dihadirkan Pemerintah Kota Singkawang dengan konsep One Stop Service (OSS). Hal ini pun membawa Kota Singkawang untuk memperoleh predikat Kota Sangat Inovatif pada penganugerahan Innovative Government Award (IGA) 2021 yang lalu dengan skor 150.23.

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo dalam sambutannya secara virtual mengapresiasi Wali Kota Singkawang atas hadirnya inovasi pelayanan publik yang baik kepada masyarakat melalui Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kota Singkawang. Ia menambahkan pelayan publik yang terintegrasi menjadi perwujudan upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas layanan publik kepada masyarakat.

“Kemudahan layanan dan perizinan dengan MPP ini pula dapat meningkatkan investasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Singkawang. Sehingga, Pemerintah Pusat dan Pemerintah daerah, khususnya Kota Singkawang, punya komitmen yang sama, yakni percepatan pelayan kepada masyarakat,” ujarnya.

“Karena selain menjadi kota budaya, Kota Singkawang juga menjadi kota yang kedepannya menjadi role model pelayanan publik di Provinsi Kalimantan Barat. Selamat untuk Wali Kota Singkawang dan jajaran Pemerintah Daerah, selamat buat masyarakat Kota Singkawang,” tambahnya.

“Saya rasa Gubernur Kalimantan Barat dan jajaran Pemerintahan juga setuju bahwa birokrasi yang panjang dan berbelit-belit harus diperpendek, menjadi birokrasi yang modern, digital dan memberikan layanan publik dengan baik,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie berharap kehadiran MPP Kota Singkawang dapat mendorong pertumbuhan investasi melalui kemudahan pelayanan publik bagi masyarakat untuk mengurus segala bentuk perizinan dan non perizinan, khususnya pada industri UMKM Kota Singkawang.

Hal ini dimaksudkan agar lowongan kerja terbuka lebar di Kota Singkawang sehingga memperkuat daya saing global dan menarik minat investor untuk berinvestasi memberikan jaminan peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Saya juga berharap dengan diresmikannya Mall Pelayanan Publik Kota Singkawang, mampu mengakselerasi kinerja ASN penyelenggara pelayanan publik, mengubah wajah birokrasi yang kaku menjadi lebih modern, dan menjadikan birokrasi yang responsif serta akuntabel,” katanya.

Belum lama ini, dirinya telah meresmikan pelayanan jam operasional MPP Kota Singkawang pada malam hari dengan nama “Pelayanan Matahari Terbenam”. Pelayanan MPP Kota Singkawang pada malam hari akan beroperasi pada pukul 19.00 – 21.00 WIB. Layanan operasional pada malam hari ini ditunjukan bagi masyarakat yang tidak sempat berurusan di siang hari, sehingga tetap mendapatkan pelayanan publik pada malam hari.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik