Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie menyerahkan piala penghargaan kepada para pemenang Lomba Kreasi Inovasi Daerah (KRESIDA) Kota Singkawang Tahun 2022 di Balairung, Selasa (29/11/2022).

Tjhai Chui Mie memberikan ucapan selamat kepada para pemenang dan terimakasih kepada para peserta lainnya yang turut berpartisipasi dalam ajang perlombaan ini. Ia berharap setiap proposal inovasi yang diperlombakan dapat diimplementasikan demi pembangunan Kota Singkawang.

“Atas nama Pemerintah Kota Singkawang, Saya ucapkan selamat kepada para pemeang lomba dan tetap semangat bagi para finalis lainnya. Terus tingkatkan kreativitas dengan berinovasi, berpikir cerdas dan kreatif untuk mewujudkan Kota Singkawang yang sangat inovatif. Sehingga, Kota Singkawang menjadi panutan bagi daerah lainnya, khususnya di Kalimantan Barat,” ujarnya.

“Inovasi yang diusulkan seyogyanya tidak hanya berakhir pada konsep kajian proposal saja, akan tetapi dapat diteruskan ke dalam tahapan penerapan untuk kepentingan seluas-luasnya dalam pembangunan Kota Singkawang,” tambahnya.

Sebanyak 18 proposal inovasi daerah yang terkumpul pada perlombaan yang diselenggarakan oleh Bappeda Kota Singkawang. Terdiri dari 8 proposal inovasi dari ASN atau perwakilan perangkat daerah, 4 proposal inovasi dari perguruan tinggi dan sekolah-sekolah, 1 proposal dari BUMD dan 5 proposal dari kelompok masyarakat.

Setelah melewati proses penjurian tahap pertama, sebanyak 10 proposal inovasi yang lanjut ke tahapan berikutnya, yaitu tahapan presentasi. Kemudian ditetapkanlah pemenang I, II dan III serta juara harapan I, II dan III.

Adapun judul-judul proposal yang memenangkan Lomba KRESIDA ini diantaranya juara I dengan judul Sistem Aplikasi Monitoring dan Pencegahan Stunting, juara II Pondok Diabetes Mellitus dan juara III Smart Warning System Based on Smart Environment Approach.