Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang berkomitmen penuh dalam mencegah penyakit Demam Berdarah (DBD) di Kota Singkawang. Satu diantaranya adalah dengan mengadakan Sosialisasi Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan Abatesasi di Sekolah.

“Sosialisasi ini merupakan komitmen kita dan semua yang disampaikan demi kebaikan bersama. Untuk bapak/Ibu terutama di lingkungan sekolah, resiko terkena pada anak sekolah juga tinggi jadi harus sama-sama menjaga kebersihan sekolah.” kata Pj Wali Kota Singkawang Sumastro, Minggu (19/11/2023).

Sumastro mengakui pihaknya telah mengeluarkan Surat Edaran tentang Kesiapsiagaan mengantisipasi musim penghujan termasuklah terhadap serangan gigitan nyamuk yang dapat mengakibatkan penyakit DBD.

“Maka dari itu saya sudah mengeluarkan Surat Edaran, dan di Surat Edaran telah jelas disampaikan apa yang harus dilakukan oleh setiap sektor dan seluruh lapisan masyarakat, himbauan yang kita keluarkan itu agar semuanya terhindar dari serangan nyamuk dan penyakit.” ucapnya.

Sumastro menambahkan, melalui Dinas Kesehatan dan KB Kota Singkawang telah ada pemberian bubuk abate yang bisa diperoleh masyarakat di seluruh Puskesmas.

“Jangan khawatir dari Dinas Kesehatan juga telah menyediakan bubuk abate untuk ditabur di penampungan air rumah. Kota Singkawang juga telah bekerja keras untuk status UHC, jadi kalau ada yang terdampak penyakit DBD sudah dimudahkan terlebih untuk yang kurang mampu. Datang dan periksakan ke Puskesmas terdekat.” jelasnya.

Ia berharap agar masyarakat tidak lalai dalam menjaga diri dan keluarga dari penyakit DBD serta untuk selalu memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar agar terhindar dari serangan gigitan nyamuk.

“Harapan saya jangan lalai, lindungi diri bapak/ibu, anak dan keluarga semua dengan mentaati himbauan yang telah kita sampaikan mulai dari mengubur sampah , menguras bak air, hingga menabur bubuk abate.” tutupnya.

Bid. IKP