Singkawang, MC – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang menyambut kedatangan Kirab Pemilu 2024 dari KPU Kabupaten Mempawah di Halaman Kantor KPU Kota Singkawang, Senin (6/3/2022). Mobil Kirab Pemilu 2024 yang membawa bendera 18 partai politik nasional ini akan diarak ke seluruh Kecamatan se Kota Singkawang.

“Kirab pemilu 2024 ini merupakan program nasional dalam rangka menyongsong satu tahun akan diselenggarakannya pemilu serentak tahun 2024” Kata Koordinator Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat KPU Singkawang, Khairul Abror.

Khairul Abror menyampaikan tujuan dari Kirab Pemilu ini adalah sebagai bentuk Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih kepada seluruh masyarakat Kota Singkawang dalam rangka persiapan pemilu tahun 2024.

“Mobil kirab ini nantinya akan kita kirabkan ke 5 Kecamatan di Kota Singkawang dengan tujuan untuk mensosialisasikan dan mengedukasikan kepada masyarakat tentang informasi seputar pemilih dan pemilu tahun 2024 nanti,” tuturnya.

Dalam rangka pemantapan jelang pemilu 2024, Khairul Abrar menjelaskan KPU Kota Singkawang terus berupaya melaksanakan seluruh tahapan-tahapan persiapan pemilu, diantaranya pemenuhan sarana dan prasarana, sosialisasi media dan pemilih serta pemenuhan SDM berkualitas dengan membentuk Badan Adhoc KPU.

“Dengan kirab ini juga ingin kami sampaikan kepada masyarakat bahwa KPU Kota Singkawang sebagai penyelenggara siap melaksanakan pemilu 2024. Kami terus berupaya melaksanakan berbagai persiapan baik sarana prasarana, sosialisasi, hingga pemenuhan SDM dengan membentuk badan Adhoc PPK, PPS dan Pantarlih.” jelasnya.

Ia berharap dengan adanya Kirab Pemilu ini dapat meningkatkan partisipasi aktif masyarakat Kota Singkawang dalam mensukseskan Pemilu 2024.

“Sosialisasi melalui Kirab Pemilu ini nantinya akan dilaksanakan dalam berbagai bahasa daerah juga sehingga diharapkan dapat semakin dipahami masyarakat guna meningkatkan partisipasi aktif masyarakat Kota Singkawang dalam mensukseskan Pemilu 2024.” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, mewakili Pj Wali Kota Singkawang, Plt Kaban Kesbangpol Bujang Syukrie mengatakan Pemerintah Kota Singkawang sangat mendukung dan menyambut baik adanya kesempatan Kirab Pemilu 2024 di Kota Singkawang.

Bujang Syukri dengan digelarnya Kirab Pemilu ini masyarakat dapat mengikuti dan memahami perkembangan informasi dalam rangka persiapan pemilu di Kota Singkawang.

“Harapannya dengan kirab ini masyarakat Kota Singkawang dapat mengikuti dan memahami perkembangan informasi dalam rangka persiapan pemilu. Tingkat kesadaran politik partisipasi masyarakat dapat meningkat dari tahun ke tahun.” ucapnya.

Ia mengimbau agar masyarakat dapat selalu terlibat aktif dalam menjaga kemanan dan kondusifitas serta mendukung segala proses persiapan yang dilakukan baik oleh KPU maupun Bawaslu.

“Salah satu partisipasi yang diharapkan Pemerintah Kota Singkawang adalah masyarakat dapat selalu menjaga keamanan dari terselenggaranya proses-proses persiapan pemilu termasuk kirab ini agar dapat berjalan lancar. Tunjukan bahwa kita pantas menjadi Kota Tertoleran di Indonesia dengan menerapkan Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa.” harapnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik