Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM (Disdaginkop UKM) menggelar Operasi Pasar dalam rangka pengendalian inflasi daerah Kota Singkawang di Pasar Semi Modern Alianyang, Selasa (7/3/2023).

“Sesuai dengan yang kita rencanakan hari ini kita melaksanakan operasi pasar di pasar semi modern alianyang. Sebagai upaya pemerintah Kota Singkawang untuk menekan laju inflasi adalah dengan melakukan operasi pasar.” Kata Kepala Disdaginkop UKM Kota Singkawang Muslimin saat ditemui di lokasi.

Muslimin mengatakan pada operasi pasar hari ini Pemerintah Daerah menyediakan sebanyak 1.650 paket bahan pangan. Yang mana setiap paket terdiri dari Beras Premium 5 Kg, Gula Pasir 2 Kg dan Minyak Goreng 2 Liter.

Muslimin menambahkan Pemkot Singkawang berupaya meringankan kebutuhan masyarakat dengan memberikan subsidi kurang lebih sebesar 35% dari harga asli di pasar.

“Adapun hari ini akan kita sebarkan 1650 paket yang terdiri dari beras 5kg minyak goreng 2 lite dan gula pasir 2kg. Kalau total satuan paket dengan seharga Rp124 ribu, namun dengan disubsidi oleh Pemerintah Kota Singkawang masyarakat hanya cukup membeli dengan Rp77.200.” jelasnya.

Mengenai stok bahan pangan, Ia menjamin keamanan stok tiga bahan pokok tersebut menjelang puasa dan hari lebaran. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dengan kelangkaan stok pangan di Kota Singkawang.

“Harga pokok menjelang lebaran ini dari beras kemudian minyak goreng maupun gula pasir dalam kondisi normal. Untuk masalah stok kita sudah koordinasi dengan beberapa distributor yang ada di kota singkawang untuk kebutuhan beras dan gula pasir dalam kondisi aman sampai nanti lebaran. Untuk minyak goreng kita telah ada juga suplai dari beberapa jenis produk minyak goreng sehingga bisa tercukupi.” imbuhnya.

“Masyarakat tidak perlu khawatir akan kelangkaan tiga bahan pokok tersebut menjelang lebaran. Hanya beberapa komoditi saja yang mengalami kenaikan, namun bukan bahan pangan yang terlalu pokok,” sambungnya.

Lebih lanjut Ia menambahkan, Operasi Pasar ini masih akan dilaksanakan besok hari tepatnya di Jalan Salam Diman Singkawang sebagai ganti hari senin kemarin yang batal karena terkendala banjir.

“Alhamdulilah begitu luar biasa antusiasnya, mudah-mudahan ini bermanfaat. Dan besok kita juga akan hadir kembali pindahan yang hari senin kemarin karna banjir, yaitu di depan Puskesmas Pasar.” ujarnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik