Singkawang, MC – Sebanyak 16 tim mengikuti kegiatan Grada Pasmanti Competition 2022 tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK se Kalimantan Barat di SMA Negeri Singkawang, Sabtu (12/11/2022). 16 tim tersebut terdiri dari 9 tim SMA/SMK dan 7 tim dari SMP/MTs.

Kegiatan Grada Pasmanti ini dibuka oleh Wakil wali Kota Singkawang, Irwan.

Lomba Paskibra ini diselenggarakan sekaligus dalam rangka memperingati HUT Pasmanti (Paskibra SMAN 3) ke 29 tahun dengan tujuan sebagai wadah pembinaan dan pengembangan pendidikan dan pelatihan paskibra di setiap sekolah masing-masing.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Irwan menyampaikan kebahagiaan dan kebanggan karena telah diberikan kesempatan untuk membuka kegiatan ini, ia juga berterima kasih kepada seluruh panitia penyelenggara yang telah bekerja keras dalam menyelenggarakan kegiatan lomba Paskibra ini.

“Saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi tinggi kepada panitia yang telah berjuang mengadakan kegiatan ini. Bangga sekali bisa membuka kegiatan lomba yang baik dan bermanfaat ini.” ucapnya.

Irwan juga mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang telah berhasil terpilih mewakili sekolah masing-masing untuk mengikuti lomba paskibra ini.

Terkait dengan lomba, Irwan mengatakan paskibra bukan hanya tentang gerak yang seragam dan sebatas kekompakan tetapi lebih dari itu, paskibra juga dapat berpengaruh kepada pembentukan mental serta dapat membangun pribadi yang lebih disiplin dan bertanggung jawab.

“Untuk adik-adik peserta semua, Paskibra ini bukan hanya soal gerak yang seragam dan kekompakan saja. Tapi paskibra juga dapat berpengaruh kepada pembentukan mental adik-adik serta dapat membangun pribadi yang lebih disiplin dan bertanggung jawab.” katanya.

Ia menambahkan, lomba ini menjadi pesan bagi anak generasi muda khususnya di Kota Singkawang untuk melatih berempati, mengikis rasa egois, dan menjaga persatuan sehingga diharapkan dapat menghadapi tantangan di masa mendatang.

“Saya pribadi mewakili Kota Singkawang sangat mengapresiasi lomba yang baik ini, lomba ini diharapkan menjadi pesan bagi anak generasi muda khususnya di Kota Singkawang untuk melatih berempati, mengikis rasa egois, dan menjaga persatuan sehingga diharapkan dapat menghadapi tantangan berat di masa mendatang.” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SMAN 3 Mus’an mengucapkan terima kasih kepada Wakil Wali Kota Singkawang beserta tamu undangan lain yang telah bersedia menghadiri kegiatan lomba ini sekaligus mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta lomba Grada Pasmanti.

“Pertama sekali saya ucapkan terimakasih sedalam-dalamnya kepada tamu undangan khususnya Wakil Wali Kota singkawang yang telah bersedia menyempatkan waktu untuk membuka kegiatan lomba ini. Terimakasih pak Irwan telah hadir, serta selamat datang kepada seluruh peserta Grada Pasmanti 2022 ini, selamat datang di Kota Singkawang.” ujarnya.

Mus’an berharap acara Grada Pasmanti 2022 ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Ia juga meminta maaf apabila terdapat banyak kekurangan dalam penyelenggaraan kegiatan lomba ini.

“Semoga kegiatan lomba ini dapat berjalan lancar dan sesuai dengan yg diharapkan, terima kasih kepada panitia yang telah berjuang mempersiapkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Saya mohon maaf apabila masih terdapat kekurangan dalam penyelenggaraan kegiatan ini nantinya.” sambungnya.

Ia berpesan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti lomba dengan baik, jujur dan menjunjung tinggi sportifitas.

“Kepada seluruh peserta bertandinglah dengan jujur, sesuai dengan tagline yang kita hadirkan. Semoga pertandingan ini dapat membangun mentalitas siswa dan memberikan dampak positif kepada kita semua.” tutupnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik