Singkawang, MC – Kepala Dinas Daginkop dan UKM Kota Singkawang Muslimin menjamin stabilitas harga dan ketersedian bahan pokok (Bapok) di Kota Singkawang masih terbilang aman hingga tiga bulan ke depan. Bahkan, beberapa komoditas bahan pokok mengalami penurunan harga, seperti bawang merah dan daging ikan tongkol dalam kondisi beku (tidak segar).

“Harga bawang merah pada minggu ini cenderung menurun sekitar Rp24.000 sampai Rp28.000 perkilo. Kemudian, daging Ikan Tongkol dalam kondisi beku (tidak segar) harganya berkisar Rp30.000 sampai Rp32.000 perkilo,” ujarnya, Kamis (30/3/2023).

Meski begitu, Muslimin menambahkan terdapat kendala pendistribusian komoditas daging sapi dan minyak goreng curah. Namun hal ini tidak mengakibatkan kenaikan harga yang signifikan pada komoditas tersebut.

“Ini berkaitan dengan prosedur-prosedur pengiriman daging sapi dari pulau Jawa dan sebagainya. Memang kesulitan pengirimannya karena harus melalui prosedur ketat berkaitan dengan persoalan penyakit yang menginfeksi sapi. Seperti penyakit mulut dan kuku (PMK). Dan yang baru-baru ini Lumpy Skin Disease (LSD),” ujarnya.

“Kalau minyak goreng curah memang ada kendala pendistribusian. Misalnya sekarang dikirimkan dalam jumlah yang agak kurang, namun pada waktu berikutnya kembali dikirim lebih,” tambahnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik