Singkawang, MC – Kementerian Perhubungan melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XIV Provinsi Kalimantan Barat menggelar Sosialisasi Edukasi Safety Riding Goes To School di SMAN 1 Singkawang, (11/10/2022). Kegiatan ini mengangkat tema “Jalan Untuk Keselamatan” dengan hashtag #JagaLaju30.

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Transportasi Jalan BPTD XIV Kalbar Andi Gunawan mengatakan World Health Organization (WHO) mecatat 1,35 juta orang meninggal setiap tahun karena kecelakaan di jalan raya.

“Untuk mengatasi hal ini, WHO merilis Dekade Aksi Keselamatan Jalan Pertama pada bulan Mei 2011 sampai dengan tahun 2020. Kemudian diperbaharui hingga tahun 2021 sampai dengan tahun 2030. Secara resmi, diproklamasikan oleh Majelis Umum PBB dengan tujuan menstabilkan dan mengurangi jumlah kematian lalu lintas jalan,” ujarnya.

“Dekade Aksi Keselamatan Jalan Kedua mendorong negara-negara anggota untuk mempromosikan pengetahuan dan kesadaran keselamatan jalan melalui kampanye pendidikan, pelatihan dan publisitas untuk menyebarkan praktek keselamatan jalan yang baik di tengah masyarakat. Kaum muda paling rentan, maka negara-negara anggota harus menerapkan kebijakan keselamatan jalan yang akan melindungi dari kematian,” tambahnya.

Lebih lanjut, Andi Gunawan mengatakan negara Indonesia telah membuat Rencana Umum Nasional Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (RUNK LLAJ) melalui Perpres Nomor 1 Tahun 2022. Perpres ini ditetap selama 20 tahun untuk jangka waktu Tahun 2021 – Tahun 2040.

Mewakili Wali Kota Singkawang, Sekretaris Daerah Kota Singkawang Sumastro berharap sosialisasi ini memberikan efek positif bagi masyarakat, khususnya para siswa SMAN 1 Singkawang. Kegiatan ini berlangsung selama 4 (empat) hari dalam rangka Pekan Keselamatan Jalan Tahun 2022.

“Kalau sampai cidera, mengalami cacat dan lain-lain, maka negara Indonesia yang rugi selain diri kalian sendiri dan keluarga adik-adik siswa SMAN 1 Singkawang. Karena masa depan bangsa Indonesia terletak di adik-adik semuanya,” ujarnya.

“Pertama, saya ingin kita menggalakkan program Safety Riding secara terprogram, secara kontinyu dan akan kita nilai sekolah mana yang paling mematuhi Safety Riding. Kedua, berkaitan dengan penggunaan sepeda yang lebih hemat energi, bebas polusi dan lebih sehat,” tambahnya.

Kegiatan ini dibuka dan diresmikan dengan penandatangan komitmen bersama mendukung keselamatan lalu lintas di Kalimantan Barat Tahun 2022 oleh Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Transportasi Jalan BPTD XIV Kalbar, Sekda Kota Singkawang, Kepala SMAN 1 Singkawang, Kadishub Kota Singkawang, Satlantas Polres Singkawang,Kabid LLJ Dishub Kalbar, Susdenpom XII Singkawang, dan Kepala Perwakilan Jasa Raharja Singkawang.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik