Singkawang, MC – Berdasarkan pemantauan dari Dinas Kesehatan dan KB Kota Singkawang, kasus hepatitis di Kota Singkawang tidak terdeteksi.

“Untuk saat ini kasus hepatitis akut tidak terdeteksi di Kota Singkawang,” kata Kepala Dinas Kesehatan dan KB, dr. Alexander, Rabu (11/5/2022).

Wabah hepatitis akut yang terindikasi masuk ke Indonesia menjadi perhatian pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan RI.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi juga telah mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada dinas kesehatan dan rumah sakit untuk melakukan pengawasan survailens terkait dengan kasus ini.

Sebagaimana diketahui, penyakit hepatitis akut ini masih belum diketahui penyebabnya. Namun, penyakit ini dapat menyerang anak usia nol hingga 16 tahun, bahkan dengan resiko kematian.

Data Badan kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) mencatat sudah lebih dari 20 negara yang melaporkan kasus hepatitis akut yang masih misterius penyebabnya. WHO sendiri menyebutnya dengan hepatitis akut yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute Hepatitis of Unknown Aetiology). masih misterius penyebabnya. WHO sendiri menyebutnya dengan hepatitis akut yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute Hepatitis of Unknown Aetiology).

Bidang Informasi dan Kommunikasi Publik