Singkawang, MC – Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro meninjau jembatan yang putus di Jalan Veteran Gang Masjid Dalam 1 RT 36 RW 05 Kelurahan Roban Kecamatan Singkawang Tengah, Senin (4/12/2023).

Jembatan yang menjadi jalan penghubung delapan kepala keluarga (KK) tersebut roboh akibat derasnya air di atas saluran air yang deras.

Mendapatkan informasi itu, Pj Wali Kota memeritahkan BPBD untuk menyiapkan perahu karet sebagai alat penyeberangan sementara.

Tampak di lokasi, Pj Wali Kota bersama Camat Singkawang Tengah dan Lurah Roban menjajal menyeberangi saluran tersebut dengan perahu karet.

“Alhamdulillah, saya sudah mencoba kelaikan perahu karet sebagai jalur darurat lalu lintas warga yang berada di seberang saluran ini,” kata Pj Wali Kota Sumastro.

Ia mengatakan tingginya intensitas hujan tadi malam dan cuaca yang cukup ekstrim menyebabkan jembatan ini roboh. Namun, berkat koordinasi antar lintas sektoral, BPBD, PUPR, camat dan lurah menfasilitasi warga dengan menyiapkan perahu karet.

“Sehingga mobilitas warga untuk menyeberangkan motor dan barang berat lainnya sementara dapat menggunakan perahu ini. Untuk anak sekolah dapat menyeberang menggunakan jembatan sementara,” katanya.

“Mudah-mudahan setelah kita meninjau lokasi ini, kita akan terus memikirkan solusi terbaik untuk menyediakan sarana jembatan yang lebih baik untuk mobilitas penduduk di lokasi ini,” tambahnya.

Ia juga mengimbau musim penghujan yang cukup ekstrim saat ini, warga di lokasi ini untuk waspada mangingat saluran yang cukup lebar dan arus yang deras. “Saya harap warga di lokasi ini untuk waspada, terutama mengawasi anak-anaknya yang masih dibawah umur,” harapnya.

Bid. IKP