Singkawang, MC – Dalam Rangka Memperingati Hari Ibu ke 93 Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Singkawang bekerjasama dengan Forum Peduli Perempuan dan Anak (Forum PSPA) serta DPC Ikatan AHli Boga (IKABOGA) Kota Singkawang melakukan kampanye HeForShe.

Melalui Twibbonize dan memberikan dukungan pada kaum disabilitas dan Teman Tuli Kota Singkawang, Rabu (22/12/2021).

Ketua GOW Singkawang sekaligus sebagai ketua Forum Puspa dan DPC IKABOGA Kota Singkawang Istri Handayani, menjelaskan bahwa kampanye HeForShe  merupakan tindaklanjut upaya  Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA).

Bersama dengan Korea International Cooperation Agency (KOICA) yang telah  menggelar kampanye HeForShe di Kawasan Patung Kuda Arjuna Wijaya, Medan Merdeka Barat Jakarta.

Sebagai Organisasi yang mewadahi seluruh Organisasi Wanita yang ada di daerah, sudah sepatutnya kami memberikan dukungan sebagai mitra pemerintah dengan menindaklanjuti kampanye tersebut melalui online.

“Metode online dilakukan mengingat di masa pandemic Covid-19 ini semua wajib untuk mengantisipasi adanya penularan Covid terlebih ada informasi varian baru.” jelas Istri.

Istri mengungkapkan HeForShe adalah kampanye solidaritas untuk mencapai kesetaraan gender melalui pendekatan sistematik dan platform strategis yang menargetkan laki-laki dari berbagai umur untuk ikut terlibat dan menjadi agen perubahan untuk kesetaraan gender.

HeForShe merupakan bentuk komitmen pemerintah yang memposisikan pria agar lebih peduli terhadap kesetaraan gender. Sehingga di tahun 2030 planet 50:50 dapat terwujud.

Dimana perempuan dan laki-laki bersama-sama setara dalam keterlibatannya dalam pembangunan Indonesia. “Kesetaraan gender tidak hanya didapatkan pada upaya perempuan saja tetapi juga diperlukan dukungan laki-laki di dalamnya,” katanya.

Menurutnya untuk mencapai keseteraan gender, dibutuhkan pendekatan yang inovatif dan inklusif yang mengakui bahwa laki-laki dan perempuan adalah mitra dalam pencapaian hak-hak perempuan dan percaya bahwa laki-laki juga merasakan manfaat dari kesetaraan gender.

Terpantau di Media Sosial GOW Kota Singkawang melakukan kampanye HeForShe  yang diikuti oleh kaum emak-emak dan masing-masing melakukan share ke akunnya masing-masing.

Lebih lanjut Istri mengatakan bahwa dalam rangka Peringatan Hari Ibu selain melakukan kampanye Heforshe GOW Kota Singkawang bekerjasama dengan DPC Ikatan Ahli Boga (IKABOGA) Kota Singkawang telah melaksanakan kegiatan Pelatihan Pembuatan Puding Batik dan Puding Suntik untuk Teman Tuli yang diselenggarakan di Ruang Pertemuan Rumah Rawon Ibu.

Sebagai organisasi yang terdiri dari kaum ibu, kami juga memberikan kepedulian pada anak-anak Teman Tuli. Hal ini sebagai bentuk kasih sayang dan perhatian kaum ibu tidak membeda-bedakan pada semua anak bangsa.

“Dibalik kekurangan setiap anak ditakdirkan dengan kelebihan yang mungkin orang lain tidak memilikinya,” ujarnya.

Lebih lanjut Istri mengungkapkan  dengan adanya pelatihan ini diharapkan agar anak-anak Teman Tuli dapat memanfaatkannya sebagai bekal dalam upaya mencari income tambahan.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik