Singkawang, MC – Menjadi hal yang lumrah bagi masyarakat menjalankan tradisi memberikan buah tangan atau bingkisan kepada sesama dalam rangka menyambut hari besar keagamaan atau hari spesial lainnya. Sejatinya, tradisi ini telah diwarisi semenjak nenek moyang kita terdahulu.

Seperti menjelang Imlek saat ini, sudah tidak mengherankan lagi jika di setiap sisi-sisi jalan di Kota Singkawang ditemui toko-toko yang menjual berbagai kreasi buah tangan. Seperti salah satu toko khusus menjual hampers yang terletak di Jalan P. Diponegoro Kelurahan Pasiran Kecamatan Singkawang Barat.

Pada umumnya, hampers berisikan ragam minuman kaleng dan makanan ringan saja. Dengan harga yang cukup terjangkau, kini hampers dapat dipercantik dengan peralatan rumah tangga seperti gelas cantik beserta tatakan dan yang lainnya. Hiasan hampers ini biasanya dipajang di sudut-sudut tertentu di dalam ruangan sehingga memberi kesan yang lebih meriah dan menjadi daya tarik tersendiri bagi yang memilikinya.

Dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek 2573, seorang penjual hampers, Artono mengatakan setiap hampers ditawarkan dengan harga yang beragam mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Para pembeli pun dapat memesan sebuah hampers yang menyesuaikan dengan budget mereka.

“Hampers yang sudah dibuat kami jual dengan harga Rp150 ribu. Mentok-mentok, paling mahal itu harga bisa mencapai Rp1,5 juta per hampersnya. Bisa juga dibuat sesuai dengan permintaan para pembeli. Tergantung budget mereka aja,” ujar Artono, Kamis (20/1/2022).

Ia mengatakan selain momen Imlek, untuk hari-hari besar kegamaan lain hampers juga bisa dibuat. “Seperti Idul Fitri dan Natal. Bisa juga untuk hari spesial seperti ulang tahun atau acara-acara kantor lainnya,” ujarnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik