Singkawang, MC – Rapat Komisariat Wilayah Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Rakomwil Forsesdasi) Provinsi Kalbar Tahun 2022 diselenggarakan di Aula Dayang Resort, Kota Singkawang, Kamis (20/1/2022). Hadir pada kegiatan tersebut, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji sekaligus membuka secara resmi Rakomwil.

Dalam sambutannya, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji meminta agar Sekretaris Daerah di Kalbar dapat bekerja sesuai dengan aturan, serta melakukan efisiensi dan efektivitas anggaran. Hal ini Ia sampaikan berkaitan dengan tugas Sekretaris Daerah selaku Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

“Saya minta Sekda untuk bekerja sesuai aturan dan jangan melanggar aturan. Karena seorang Sekretaris Daerah merupakan kepala staf yang harus mampu mewarnai keberhasilan tata kelola pemerintahan di daerah,” ujarnya.

“Bersimpati boleh saja. Artinya, cukup saat menggunakan hak politik. Jika diluar itu, jangan. Karena Sekda merupakan kepala staf dari birokrat,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Ia pun berpesan kepada setiap Sekretaris Daerah untuk selalu bersikap netral dan tetap bekerja secara profesional.

“Sekda jangan sampai terlibat jika terjadi ketidakcocokan antara kepala daerah dan wakil kepala daerah. Tetaplah bekerja secara profesional,” pesannya.

Kegiatan ini diikuti oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Para Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat atau yang mewakili, Asisten Administrasi dan Umum Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat.

Selain itu, Rakomwil Forsesdasi Provinsi Kalbar Tahun 2022 ini turut diikuti oleh Perwakilan Kementerian Dalam Negeri RI dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI secara virtual.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik