Singkawang, MC – Gabungan Organisasi Wanita (GOW) dipimpin Ketua GOW, Dewi Sartika ikut berpartisipasi dan memeriahkan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 di Halaman Mess Daaerah, Selasa (21/2/2023).

Dewi Sartika yang baru terpilih sebagai Ketua GOW periode 2023 – 2027, mengatakan bahwa Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) penting dalam rangka meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap sampah yang dihasilkan setiap tahunnya.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan ini mari kita jadikan momentum untuk saling mengingatkan, dan saling meningkatkan kepedulian kita akan besarnya makna dalam mengelola sampah dengan benar dan bijaksana. Dengan begitu diharapkan semua masyarakat dan seluruh stake holder dapat bersama-sama bijak dalam mengelola sampah dalam kehidupan sehari-hari.” Katanya

Dewi yang juga anggota Legislatif Kota Singkawang mengatakan, GOW Kota Singkawang pada tahun ini menitikberatkan pada upaya Pengelolaan Sampah Dengan Baik dan Upaya Pencegahan Stunting dalam program kerjanya.

“Dalam menentukan program dan kegiatan pada GOW Kota Singkawang, selain memperhatikan hasil Rapat Koordinasi BKOW dan GOW se Propinsi Kalimantan Barat, hasil Musyawarah kerja GOW Kota Singkawang juga menindaklanjuti isu yang sedang mencuat, seperti sampah yang merupakan permasalahan kita bersama, untuk itu GOW Kota Singkawang akan berusaha memberikan kontribusi positif melalui program kerja GOW secara langsung maupun tidak langsung, dalam hal ini melalui program kerja Organisasi Wanita yang tergabung dalam GOW” ungkap Dewi

Dalam upaya melaksanakan  program kerja terkait lingkungan khususnya pengelolaan sampah, Dewi lebih lanjut mengungkapkan akan melakukan edukasi internal GOW Kota Singkawang dan Organisasi Wanita dalam naungannya, serta akan melakukan pembinaan Pengelolaan Sampah dengan memberikan motivasi dan perhatian pada Bank Sampah.

“Beberapa Organisasi Wanita yang tergabung dalam GOW Alhamdulillah sudah ada yang aktif dalam pengelolaan sampah ini, yaitu Perempuan Serumpun nanti Organisasi ini yang akan kita jadikan trigger bagi Organisasi Wanita lainnya dan juga kepada masyarakat. Program Kerja terkait lingkungan akan dikoordinir oleh Wakil Ketua yang membidangi Lingkungan Hidup.” ujarnya.

Tak lupa Dewi juga mengajak seluruh masyarakat untuk mengurangi pemakaian plastik untuk mengurangi limbah yang sulit didaur ulang.

‘Kurangi pemanfaatan plastik dalam konsumsi sehari-hari, misalnya penggunaan gelas plastik yang sekali pakai, kantong plastik dalam setiap belanja, pilah sampah sehingga semua bisa dimanfaatkan baik untuk pupuk ataupun didaur ulang.” ujarnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik