Singkawang, MC – Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Barat bekerjasama dengan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Singkawang melaksanakan Gelar Pangan Murah di Kecamatan Singkawang Tengah, Kamis (17/11/2022).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Barat Heronimus Hero mengatakan Gelar Pangan Murah ini sebagai upaya untuk pengendalian inflasi yang terus menerus akan dilakukan Pemerintah Provinsi  hingga akhir tahun 2022.

“Jadi kita sesuai dengan kebijakan Pemerintah Provinsi dan bekerja sama dengan pemerintah Kab/Kota mengadakan Gelar Pangan Murah, dan itu kita lakukan disemua Kab/Kota di Kalimantan Barat sebagai upaya untuk mengendalikan laju inflasi dan menekam harga pasar. Hal ini akan terus kita upayakan hingga akhir tahun nanti.” katanya.

Heronimus menjelaskan sejauh ini Provinsi Kalimantan Barat dibanding dengan provinsi-provinsi lain masih memiliki indikator inflasi yang relatif baik. Hal ini tidak terlepas dari upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kalbar dengan mengalihkan pembelian masyarakat terhadap pasar, sehingga menghindari kenaikan harga pangan.

“Sejauh ini Kalbar memang dibanding provinsi lain masih relatif baik inflasinya, dari situ kita diberikan penghargaan berupa dana insentif daerah dari kementrian keuangan. Dan dana tersebut kita upayakan lagi agar bisa mempergunakannya untuk menggelar Pangan murah in. Sehingga kita bisa menahan masyarakat untuk tidak membeli dipasar, jadi bisa mengurangi permintaan pasar agar harga tidak naik.” jelasnya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini indikator inflasi di Kalbar dapat terus dipertahankan hingga akhir tahim 2022.

“Setelah dari sini kita akan lanjut ke Bengkayang setelah sebelumnya kita juga adakan di Mempawah. Dan mungkin selanjutnya kita akan ke Sekadau, Melawi, Sintang dan Kapuas Hulu, supaya pengendalian inflasi dapat sama-sama dilakukan disemua daerah. Sehingga diharapkan kenaikan harga bisa kita tahan, daya beli masyarakat tidak menurun dan inflasi di Kalbar tetap stabil hingga akhir tahun”. tutupnya.

Sementara itu, Camat Singkawang Tengah Hasan Nasrudin menyampaikan terdapat total sebanyak 1000 paket bahan pangan yang dihadirkan pada Gelar Pangan Murah kali ini. Dimana 1000 paket tersebut disebar untuk masyarakat di 6 (enam) Kelurahan.

“Kali ini alhamdulillah, kita adakan gelar pangan murah lagi dengan mendapat bantuan langsung dari provinsi berupa subsidi pangan murah sebanyak 1000 paket kantong yang berisi pangan murah ini.  Pada gelar pangan murah ini kita ditinjau langsung oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalbar. Terimakasih Pak Hero sudah hadir di sini.” ucapnya.

Hasan menjelaskan, 1000 paket bahan pangan murah disediakan untuk masyarakat dengan rincian Kelurahan Roban 400 paket, Jawa 100 paket, Condong 175 paket, Bukit Batu 100 paket, Sungai Wie 100 paket, dan Sekip Lama 125 paket.

“Saya ingin menyampaikan kalau kita kali ini di Singkawang Tengah ada sebanyak 1000 paket pangan murah, yang mana sudah dibagikan lewat kelurahan masing-masing. Dan paling banyak itu di Kelurahan Roban dapat 400 paket karena memang di sini RT nya lebih banyak.” ujarnya.

Ia menambahkan, subsidi yang diberikan pemerintah provinsi Kalbar per paket sebesar Rp70 ribu Sehingga masyarakat hanya dikenakan biaya Rp100 ribu untuk setiap paket bahan pangan yang terdiri dari beras 5kg, gula pasir 2kg, minyak goreng 1800ml, tepung terigu 1kg, 2 kaleng susu kental manis, serta margarin 400gr.

Lebih lanjut, Ia berharap dengan adanya Gelar Pangan Murah ini semoga dapat membantu meringankan beban masyarakat Kota Singkawang khususnya di Kecamatan Singkawang Tengah. Serta mampu mendorong upaya pemerintah dalam menekan harga pasar dan laju inflasi.

“Jadi saya harapkan bapak/ibu saat berlangsungnya gelar pangan murah ini dapat tertib dan rapi, semoga kegiatan ini dapat membantu meringankan beban masyarakat Kota Singkawang khususnya di Kecamatan Singkawang Tengah. Serta mampu mendorong upaya pemerintah dalam menekan harga pasar dan laju inflasi.” ujarnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik