Singkawang, MC – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Singkawang mengikuti Forum Kehumasan yang digelar Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur di Ballroom Hotel Vasa Surabaya, Senin (30/10/2023).

Acara ini merupakan bagian dari rangkaian KIMFest 2023 yang dirangkaikan pula dengan Penghargaan Jatim Public Relation Award (JPRA) dan Anugerah Pewarta Warga (APW) 2023. Kegiatan diikuti sebanyak 300 peserta dari Dinas Kominfo se Indonesia dan praktisi kehumasan.

Bertema “Sinergi Komunikasi Anti Hoaks di Media Digital Kontestasi Pemilu Serentak 2024”, acara ini menghadirkan narasumber yaitu Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo RI, Usman Kansong, Deputy Head of Survey and Data Katadata Insight Center, Windarti Satriya, dan Akademisi Unitomo Surabaya Meithiana Indrasari.

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur, Sherlita Ratna Dewi Agustin mengatakan pentingnya peran media sebagai arena kontestasi politik pembentukan opini publik yang sehat menyikapi Pesta Demokrasi 2024.

Ia menyampaikan para Insan Kehumasan memiliki peran penting sebagai penjernih informasi, seperti yang dikutip dari Sambutan Presiden Joko Widodo pada Hari Pers Nasional di Medan beberapa waktu lalu, diharapkan dapat menyampaikan berita yang tepat, aktual dan dapat dipertanggungjawabkan.

Usai mengikuti kegiatan, Kepala Dinas Kominfo Kota Singkawang, Evan Ernanda mengapresiasi penyelenggaran forum kehumasan. Menurutnya kegiatan ini dapat membantu para Insan Kehumasan Pemerintah, termasuk Dinas Kominfo Singkawang berperan dan bersinergi dalam meningkatkan literasi media, khususnya menghadapi Pemilu Serentak 2024.

“Tujuannya adalah menyatukan langkah dan meningkatkan peran Kehumasan dalam mendukung kesuksesan Pemilu 2024,” ujarnya.

Bid. IKP