Singkawang, MC – Penjabat Wali Kota Singkawang, Sumastro bersama seluruh penjabat kepala daerah seluruh Indonesia menghadiri pertemuan di Istana Negara Jakarta, Senin (30/10/2023).

“Saya bersama penjabat kepala daerah baik Gubernur, Bupati dan Wali Kota seluruh Indonesia berkumpul di Istana negara untuk menerima arahan langsunh Bapak Presiden,” kata Sumastro.

Sumastro mengatakan dalam pertemuan  tersebut setidaknya ada enam point penting dalam arahan yang diberikan Bapak Presiden kepada seluruh Penjabat Kepala Daerah.

Pertama Presiden meminta kepala daerah untuk mengendalikan inflasi dengan menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok di daerah masing-masing. “Penjabat di daerah diminta untuk mengendalikan inflasi dan stabilitas harga barang kebutuhan pokok dengan terus memantau riil di pasar dan turun ke lapangan,” katanya.

Kedua, Presiden meminta para penjabat kepala daerah untuk tetap waspada terhadap dampak dari fenomena super el nino, terutama terhadap penurunan produksi komoditas.

Ketiga, terkait reformasi birokrasi, Presiden mendorong penyederhanaan prosedur dan tata kelola khususnya dalam hal pelayanan perizinan bagi investor. Presiden menekankan bahwa investasi sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Keempat, Kepala Negara juga mendorong pemerintah daerah mengalokasikan anggaran untuk stimulus ekonomi dan bantuan sosial kepada masyarakat. Menurut Presiden, pemberian bantuan tersebut  akan sangat membantu masyarakat.

Kelima, Presiden mendorong pemerintah daerah untuk memberikan dukungan terhadap program prioritas pemerintah.

Keenam, Presiden menekankan peran kepala daerah dalam mendukung kesuksesan agenda nasional Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024.

“Kepala Negara meminta agar para kepala daerah terus memberikan dukungan kepada KPU dan Bawaslu tanpa melakukan intervensi apapun, serta memastikan netralitas ASN terjaga,” katanya.

Bid. IKP