Singkawang, MC – Penjabat Wali Kota Singkawang, Sumastro memimpin apel bersama Camat, Lurah dan seluruh ASN dan PTT se Kecamatan Singkawang Utara, Senin (9/1/2023).

“Pagi ini saya secara khusus hadir untuk bersama rekan-rekan semua melaksanakan apel senin di Kecamatan Singkawang Utara,” kata Pj Wali Kota.

Hal ini, katanya sudah lama ingin diwujudkan ketika awal menjabat sebagai Sekretaris Daerah, namun baru kali ini dapat dilaksanakan.

Ia mengatakan dengan posisi sekarang sebagai kepala daerah memang harus lebih banyak berada di tengah-tengah masyarakat pada pemerintahan garis depan kecamatan dan kelurahan.

“Tidak menutup kemungkinan apel senin pagi akan kita laksanakan di tiap kelurahan. Dan apel senin pagi ini adalah apel pertama yang dilaksanakan di kecamatan,” ujarnya.

Sumastro sedikit menceritakan akan kerinduannya dengan Singkawang Utara. Menurutnya, Kecamatan Singkawang Utara menjadi tonggak awal dan karir pertama sebagai Camat Singkawang Utara. “Sekcamnya waktu itu Bapak Awang Martin. Dan ini kenangan yang tidak akan saya lupakan,”

Ia mengungkapkan ciri-ciri negara maju dan daerah berkembang adalah sosok aparatur yang semangat, tidak murung, ceria dan penuh percaya diri. “Jika ada keluhan jangan diceritakan ke orang-orang, tapi ceritakan ide gagasan dan program tentang pembangunan. Itu mencirikan ASN yang optimis, antusias dan siap membawa daerah kita lebih maju,” tambahnya.

Dikatakannya, saat ini dirinya tengah fokus bagaimana meningkatkan pendapatan dan produktivitas masyarakat dalam segala bidang kegiatan.

“Ini menjadi tantangan kita bersama, saya titipkan tiap-tiap kelurahan punya satu unggulan untuk mendorong para petani menjadi pelaku usaha yang produktif dan punya nilai tambah,” ujarnya.

Tugas kita bersama untuk mendorong pelaku usaha sebagai satu sentra yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan.“Diskusikan dengan pelaku usaha untuk membuat depo atau corner yang bisa dikunjungi wisatawan,” ujarnya.

Ia menginginkan satu bentuk keceriaan yang ditanamkan oleh kepemimpinan, khususnya camat dan lurah kepada bawahan.

“Kalau bawahan senang hatinya, apapun yang kita dorong yang menjadi bagian dari program itu akan menjadi senang dilaksanakan. Maka itu kedekatan antara pemimpin dan bawahan menjadi modal penting untuk dikembangkan terus dalam melaksanakan tugas,”

“Selamat bekerja kepada seluruh ASN di Kecamatan Singkawang Utara. Bekerjalah dengan sungguh-sungguh, nikmati pengabdian ini sebagai keindahan hidup, Insya Allah itu menjadi amal ibadah,” tambahnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik