Singkawang, MC – Dalam rangka memperingati hari TBC sedunia, Forum Percepatan Pencegahan Penanggulangan TBC (TPP TBC) menggelar Workshop Capacity Building di kantor Wali Kota Singkawang, Kamis (24/3/2022).

Kegiatan bertajuk “Investasi Untuk Eliminasi TBC, Selamatkan Bangsa” ini dibuka oleh Staf Ahli Wali Kota Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Bujang Syukri.

Bujang Syukri mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian serta dukungan masyarakat kepada Pemerintah dalam upaya memerangi TBC demi terwujudnya Indonesia sehat dan Singkawang hebat.

“untuk dapat mengeliminasi TBC, dibutuhkan pendekatan yang komprehensif dan perpaduan kemitraan antara pemerintah dan komunitas termasuk organisasi masyarakat,” katanya.

Selain itu, katanya, pemerintah juga telah melakukan upaya yang diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan TBC. Upaya yang dilakukan pemerintah seperti tindakan langsung berupa rangkaian upaya seperti promosi kesehatan, surveilans TBC, pengendalian faktor risiko, menemukan dan menangani kasus TBC, pemberian kekebalan, dan pemberian obat pencegahan.

“Program penanggulangan TBC dilakukan melalui kegiatan promosi kesehatan, surveilans TBC, pengendalian faktor risiko, menemukan dan menangani kasus TBC, pemberian kekebalan, dan obat pencegahan,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Forum PPP-TBC Kota Singkawang, Istri Handayani mengungkapkan Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai dampak membahayakan dari penyakit Tuberculosis (TBC) yang mudah menular. 

Menurutnya, pemberian pemahaman diharapkan bisa membentuk kesadaran dari para masyarakat untuk dapat mencegah penularan sehingga dapat menekan angka penyebaran penyakit tersebut dengan semaksimal mungkin.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang dampak bahaya dari penyakit tuberculosis. Diharapkan juga dapat membentuk kesadaran masyarakat sehingga angka penyebaran dan penularannya bisa di tekan dengan maksimal,” ujarnya.

Acara hasil kolaborasi antara pemerintah, masyarakat sipil, dan pihak swasta ini turut didukung oleh Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Forum Aisyiyah, PR Komunitas Eliminasi TBC Indonesia, dan Yayasan Bina Asri sebagai bentuk kepedulian dan upaya peningkatan kesehatan masyarakat Kota Singkawang.

workshop tiga narasumber yaitu Mursalin (Kepala Bidang P2P), Uray Ningrum (Ketua Sub-Sub Recipient (SSR) TB-HIV CareAisyiyah), dan Ari Prabowo (Dokter Spesialis Paru RSUD Abdul Aziz Kota Singkawang).

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik