Singkawang, MC – Gawe Dayak Naik Dango Kota Singkawang yang berlangsung 26 hingga 29 Mei 2022 resmi ditutup Wali Kota Tjhai Chui Mie di Rumah Adat Dayak, Minggu (29/5/2022).

Dalam sambutannya, Tjhai Chui Mie mengapresiasi kegiatan Gawe Dayak Naik Dango yang berlangsung sukses dan lancar. Ia menilai kegiatan ini secara tidak langsung telah melestarikan dan mengenalkan adat tradisi dan budaya kepada kaum muda.

“Secara tidak langsung melalui kegiatan ini kita telah melestarikan dan mengenalkan adat tradisi dan budaya kepada kaum muda,” kata Tjhai Chui Mie.

Ia mengatakan selain pelestarian budaya, Gawe Naik Dango ini juga dinilai mampu meningkatkan perekonomian masyarakat melalui gelaran produk UMKM di lokasi kegiatan. Hal ini tidak terlepas dari sumbangsih pikiran dan tenaga yang dikeluarkan oleh rekan-rekan kita untuk mensukseskan kegiatan ini.

“Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada panitia pelaksana Ritual Adat Naik Dango atas sumbangsih, tenaga dan pikirannya dalam mensukseskan kegiatan ini. Terima kasih juga kepada TNI dan Polri beserta semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini,” ujarnya.

Tjhai Chui Mie berharap untuk kedepan event ini perlu dikemas dan dilakukan inovasi agar lebih menarik lagi dan penuh kenangan bagi wasatawan sesuai dengan sapta pesona yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah dan kenangan. Ini sangat sejalan dengan Visi Wali Kota bersama Wakil Wali Kota yaitu “SINGKAWANG HEBAT” dan misi ke 7 yaitu “Terwujudnya Kota Singkawang Sebagai Kota Perdagangan, Jasa dan Pariwisata.

“Dari sudut pandang pariwisata, Naik Dango merupakan event tradisi budaya yang dapat dimaksimalkan sebagai salah satu event pariwisata di Kota Singkawang, yang dapat mendatangkan wisatawan,” ujarnya.

Penutupan Gawe Dayak Naik Dango dirangkaikan dengan penyerahan hadiah berbagai lomba dan penampilan tarian.

Bid. Informasi dan Komunikasi Publik