Singkawang, MC – Sebanyak 28 Siswa SMA/SMK/MA mengikuti Diklat Paskibraka Kota Singkawang Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga dari tanggal 27 Juli s.d 18 Agustus 2023.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Singkawang, Yulianus Anus, Kamis (27/7/2023) di halaman kantor Wali Kota.

Selain untuk mempersiapkan Pasukan Pengibar Bendera upacara HUT RI ke 78, tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk menanamkan nilai Pancasila serta membentuk mental dan jiwa kepemimpinan dalam diri anggota sekaligus membangun solidaritas.

Yulianus mengatakan para peserta tidak hanya menjadi duta bagi sekolahnya masing-masing, tetapi juga menjadi kebanggaan orang tua dan masyarakat tempat tinggalnya.

“Kalian ini tidak hanya sekedar menjadi duta sekolah masing-masing, namun juga telah menjadi kebanggaan bagi orang tua dan masyarakat tempat tinggal kalian,” katanya.

Ia berpesan kepada peserta untuk disiplin dalam mengikuti seluruh rangkaian jadwal latihan, namun harus tetap fokus pada pembelajaran dan tugas dari sekolah.

“Ikuti seluruh rangkaian jadwal latihan ini dengan disiplin, namun jangan lupa juga untuk fokus pada pembelajaran dan tugas dari sekolah,” pesannya.

Meskipun pandemi telah berakhir dan memasuki tahap endemi, Yulianus mengingatkan, untuk tetap menjaga kesehatan baik selama latihan, karantina, hingga pengibaran dan penurunan bendera.

“Meski kondisi pandemi sudah berakhir dan saat ini masuk di tahap endemi, kita semua wajib menjaga kesehatan, baik selama latihan, karantina, hingga pengibaran dan penurunan bendera,” tutupnya.

Diklat Paskibra tahun 2023 ini adalah hasil seleksi dari 163 peserta (82 Putra dan 81 Putri) yang dilaksanakan 15-17 Maret 2023. Dan tersaring menjadi 28 Peserta, dimana 3 diantaranya akan mewakili Kota Singkawang untuk mengikuti Diklat Paskibra Tingkat Provinsi.

Bid. IKP