Singkawang, MC – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Singkawang meraih 14 (empat belas) penghargaan dari Kementerian Pendidikan, Kebududayaan, Riset dan Teknologi RI melalui Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Kalimantan Barat.

Penghargaan BPMP Award 2023 diterima langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang, Asmadi pada acara Refleksi Akhir Tahun dan Malam Apresiasi BPMP Award 2023 di Pontianak, Rabu (29/11/2023) malam.

Kepala Disdikbud, Asmadi mengatakan penghargaan diberikan sebagai implementasi program nasional merdeka belajar atas capaian kinerja bidang pendidikan di Kota Singkawang.

“Alhamdulilah dalam mengelola pendidikan Tahun 2023, Kota Singkawang mendapatkan 14 penghargaan dalam capaian merdeka belajar dari pemerintah pusat melalui BPMP Provinsi Kalbar,” kata Asmadi.

Atas capaian ini, Asmadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan atas kinerja yang hebat khususnya dalam bidang pendidikan.

“Terima kasih kepada semua team work yang hebat atas kinerja seluruh jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Bravo untuk Dikbud Kota Singkawang,” ucapnya.

Ia mengatakan capaian prestasi ini pula tak terlepas dari dukungan seluruh elemen, Bapak Pj Wali Kota, Pj Sekda, Ketua DPRD dan anggota, Kepala OPD, Camat, Lurah, Dewan Pendidikan, Organisasai Profesi, Tokoh Masyarakat, Adat dan Agama, Pihak Sekolah, Komite Sekolah, seluruh Paguyuban, Media Massa, Media Sosial dan jajaran Disdikbud yang hebat.

“Terima kasih kepada seluruh staleholder atas dukungannya dalam kemajuan dunia pendidikan di Kota Singkawang,” ujarnya.

Asmadi berharap penghargaan ini akan memberikan tambahan spirit dan motivasi kinerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam pembangunan dan peningkatan mutu pendidikan di Kota Singkawang.

“Penghargaan ini menjadi spirit dan motivasi kinerja kami dalam peningkatan mutu pendidikan di Kota Singkawang,” harapnya.

Sementara itu, Pj Wali kota Singkawang, Sumastro mengapresiasi atas capaian penghargaan yang diraih Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Ia mengatakan 14 predikat penghargaan yang diraih ini tentu saja sebagai pencapaian yang objektif dari proses pembelajaran yang berlangsung di kota Singkawang, mencerminkan keunggulan mutu dan daya saingnya.

“Paramater yang dipergunakan dalam mengukur keberhasilan ini juga sangat objektif dan tak terbantahkan,” ujarnya.

“Kedepannya akan terus menerus diterapkan gugus kendali mutu mulai dari input, proses, output bahkan outcome yang merupakan pendekatan prosesional dalam manajemen kinerja berbasis resiko,” tambahnya.

Adapun 14 penghargaan BPMP Award 2023 yang diraih Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang, yaitu :

  1. PERINGKAT PERTAMA, Persentase Satuan Pendidikan telah mengikuti Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) jenjang PAUD Tahun 2023 dengan capaian 100%
  2. PERINGKAT PERTAMA, Tingkat Adopsi Google Workspace Education Tahun 2023 dengan capaian 97,96%
  3. PERINGKAT PERTAMA, Tingkat Aktivasi Akun Pelajar, ID Bagi Kepala Sekolah dan Guru tahun 2023 dengan capaian 99,36% akun teraktivasi
  4. PERINGKAT KEDUA, Persentase Satuan Pendidikan yang telah melakukan Aksi Nyata Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan untuk jenjang SD Tahun 2023 dengan capaian 84,16%
  5. PERINGKAT KETIGA, Persentase Satuan Pendidikan pengguna Aplikasi Sistem Informasi Pengadaan sekolah jenjang SD tahun 2023 dengan capaian 90,20%
  6. Peningkatan Capaian Laporan Pendidikan pada sekolah pelaksana program sekolah penggerak tahun 2023
  7. 100% Satuan Pendidikan telah melakukan unduh perencanaan berbasis data pada platfrom rapor pendidikan (SMP)
  8. 100% Satuan Pendidikan telah melakukan unduh perencanaan berbasis data pada platfrom rapor pendidikan (SD)
  9. 100% Satuan Pendidikan jenjang SMP telah melakukan sinkronisasi data pokok pendidikan
  10. 100% Satuan Pendidikan telah mengikuti Asesmen Nasional berbasis data Komputer dan Survei lingkungan belajar (SMP)
  11. 100% Satuan Pendidikan jenjang SMP penerima dana bantuan operasional satuan pendidikan reguler menggunakan aplikasi ARKS versi 4
  12. 100% Satuan Pendidikan jenjang SD penerima dana bantuan operasional satuan pendidikan reguler menggunakan aplikasi ARKS versi 4
  13. 100% Satuan Pendidikan telah melakukan unduh perencanaan berbasis data pada platfrom rapor pendidikan jenjang PAUD
  14. 100% Satuan Pendidikan jenjang PAUD telah melakukan sinkronisasi data pokok pendidikan

Bid. IKP