Singkawang, MC – Dalam rangka menyambut Hari Anak Internasional Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bersama Forum Anak Kota Singkawang (Fantasi) meluncurkan Buku Karya Anak Anglaksa di Basement Kantor Wali Kota Singkawang, Rabu (09/11/2022).

Peluncuran buku tersebut dilakukan langsung Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie didampingi Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Buku karya Anglaksa ini menuliskan tentang pengalaman dan kisah-kisah yang dialami oleh anak-anak yang dituangkan dalam bentuk tulisan.

Wali Kota Tjhai Chui Mie meminta kepada anak-anak agar terus menyalurkan bakat dan minat yang positif seperti ini agar memiliki masa depan yang cerah.

“Saya berharap agar buku yang ditulis oleh anak-anak ini dapat diberbanyak, bahkan bisa diperjualbelikan untuk umum,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial PPPA Sutiyarto perwakilan anak-anak sekolah SD, SMP dan SMA yang tergabung dalam Fantasi bertujuan untuk mewadahi anak-anak di Kota Singkawang dengan dibekali sosialisasi pada anak untuk dapat saling berkumpul, berkomunikasi dan berkarya.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membekali anak-anak forum Fantasi agar dapat saling berkumpul, bersosialisasi dan berkomunikasi hingga dapat menghasilkan sebuah karya.” katanya.

Ia juga menjelaskan Buku Anglaksa ini bercerita tentang asa anak dalam karya dengan membahas cerita dari anak-anak yang tak dapat menyampaikan isi hati secara terbuka.

“Dalam acara ini kita melaunching sebuah buku yang berjudul ANGLAKSA yang merupakan sebuah karya yang dihasilkan oleh anak-anak yang tergabung dalam Forum Fantasi ini. Buku ini juga tentang asa anak dalam karya yang mengemas cerita dari anak-anak yang tak dapat menyampaikan isi hati secara terbuka perihal apa yang menjadi luka dan asa untuk dirinya.” jelasnya.

Ia menambahkan Buku karya ini menjadi bukti bahwa anak-anak di Kota Singkawang memiliki potensi besar dalam menciptakan karya-karya jika dibentuk dan diwadahi dengan baik.

“Ibarat kata bibit, Anak-anak jaman sekarang itu sangatlah memiliki kreatifitas yang tinggi, ditambah dengan kemajuan teknologi yang dapat mendukung ide-ide mereka untuk menghasilkan sebuah karya. Sehingga saya rasa anak-anak di Kota Singkawang ini jika diwadahi dengan baik pastilah memiliki potensi yang besar kedepannya.” imbuhnya.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, anak-anak kedepannya dapat bertumbuh menjadi pribadi yang mandiri, mampu menghasilkan karya baik itu di sekolah ataupun saat menghadapi kehidupan diluar dan pasca sekolah nanti. Terbentuk anak yang jujur, disiplin dan punya skill yang dapat berkontribusi bagi bangsa dan negara tentunya.” ujarnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik