Singkawang, MC – Dampak hujan deras yang mengguyur Kota Singkawang pada sabtu siang kemarin masih dirasakan warga Kota Singkawang, salah satu diantaranya  adalah pemukiman warga  di Bantaran Sungai Komplek Pasar Baru Dalam Singkawang.

Untuk memastikan kondisi tersebut, Wali Kota Singkawang turun langsung meninjau titik lokasi banjir yang merendam beberapa rumah warga di Komplek Bantaran Sungai, Senin (7/11/2022) sore.

Selain meninjau kondisi pemukiman warga di bantaran sungai Wali Kota bersama Dandim 1202, TNI, Polri, BPBD, Camat dan Lurah memberikan bantuan secara langsung kepada warga setempat yang terdampak banjir.

Tjhai Chui Mie mengatakan, tinjauan ini dilakukan untuk melihat langsung kondisi titik lokasi banjir dan menyerahkan bantuan makanan.

“Sekarang kita lagi ada di Komplek Pasar Baru Singkawang untuk melakukan peninjauan secara langsung titik lokasi banjir, serta juga sekalian kita ada sedikit memberikan bantuan makanan ke warga yang terkena banjir.” katanya.

Meski genangan air masih tinggi, sejumlah warga masih banyak yang memilih bertahan di rumah.

Saat ditemui dilokasi, salah seorang warga di bantaran sungai Singkawang Pasar Baru Dalam, Yani mengatakan, dirinya memilih untuk bertahan di rumah lantaran hanya tinggal berdua bersama suami serta harus menjaga barang-barang di warung kecil miliknya.

“Iya saya tidak ikut mengungsi dan memilih untuk tetap di rumah, lantaran saya juga cuma berdua sama suami tidak ada anak kecil jadi bisa bertahan sekaligus menjaga barang-barang karena di rumah ini juga sekaligus ada warung kecil kami” jelasnya.

Mengenai hal itu, Tjhai Chui Mie mengingatkan kepada warga untuk selalu waspada mengingat curah hujan di Singkawang masih cukup tinggi. Ia juga menyarankan kepada sejumlah warga untuk mengungsi di Shelter apabila kondisi yang dialami tidak memungkinkan.

“Bapak Ibu kalau memang tidak bisa untuk tinggal dirumah lebih baik pindah ketempat pengungsian saja. Biar disana anak-anak bapak ibu juga aman,” ujarnya.

Dari hasil peninjauan yang dilakukan, walaupun sudah mulai perlahan surut hingga senin sore kedalaman air paling tinggi masih mencapai hingga pinggang orang dewasa.

Tjhai Chui Mie berharap tidak ada hujan susulan dalam waktu dekat di Kota Singkawang sehingga banjir segera surut dan masyarakat dapat beraktivitas normal kembali.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik