Singkawang, MC – Danrem 121/Abw Brigjen TNI Pribadi Jatmiko menutup secara resmi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 TA 2022 di SDN 57 Pangmilang, Rabu (9/11/2022).

Danrem mengatakan TMMD merupakan program TNI yang berjalan secara tahunan. Selain TMMD, ada pula program-program yang diselenggarakan oleh TNI dan dapat menggalang kerjasama pemerintah dalam hal pembangunan suatu daerah yang merata.

Lebih lanjut, Danrem mengungkapkan pihak TNI menyadari bahwa setiap pemerintah daerah memiliki program-program pembangunan yang mengarah pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, pihaknya siap bekerjasama dengan pemerintah untuk mencapai tujuan tersebut.

“Program TMMD ini merupakan program tahunan. Kebetulan di Triwulan terakhir tahun ini ada di Kota Singkawang. Sebenarnya bukan TMMD saja, ada hal-hal lain yang bisa dikerjasamakan. Kalau tidak ada TMMD regular, ada yang namanya TMMD imbangan. Nah, di sini memang diperlukan kerjasama antara TNI bersama pemerintah daerah. Karena yang tahu persis kondisi wilayah adalah pemerintah daerah,” ujarnya.

“Maka untuk kemungkinan dilaksanakannya TMMD pada tahun berikutnya sangat terbuka sekali. Karena dari pemerintah daerah, seperti yang kita ketahui, tentu banyak program-program untuk pembangunan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita. Kita akan bersama-sama mengerjakan hal tersebut,” tambahnya.

Sementara itu, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie mengapresiasi atas pelaksanaan TMMD ke-115 yang telah dilakukan. Ia menilai langkah ini menjadi suatu bentuk perhatian pemerintah bersama TNI dalam membangun daerah-daerah pinggiran yang mengarah pada kemajuan dan kesejahteraan kota. Untuk itu, Tjhai Chui Mie berharap agar TMMD ini dapat dilaksanakan di setiap tahunnya.

“Atas nama Pemerintah Kota Singkawang beserta masyarakat, mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Pak Danrem sudah hadir pada penutupan kegiatan TMMD ini. Dimana kita sangat terbantu dalam menjangkau tempat-tempat prioritas yang harus dibangun. TMMD ini adalah bentuk kerjasama TNI dan Pemerintah Kota Singkawang,” ujarnya.

“Setiap tahun acara ini perlu diadakan karena sifat kegiatan ini berbentuk goyong royong dimana pemerintah bersama dengan rakyat dan kualitasnya yang luar biasa. Kemudian tempat-tempat yang susah dijangkau dan medannya yang susah ini justru TNI yang punya kemampuan untuk membangun desa tersebut. Nah ini tentu menjadi suatu syarat untuk kemajuan dan kesejahteraan kota, khususnya di daerah pinggiran,” tambahnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik