Singkawang, MC – Bawaslu Kota Singkawang menggelar Apel Siaga Pengawasan dan Launching TPS rawan Pemilu 2024 di Hotel Mahkota, Jumat (9/2/2024). Launching ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Ketua Bawaslu dan jajaran.

Ketua Bawaslu Singkawang, Hendro Susanto mengatakan kegiatan ini merupakan upaya sinergitas untuk mensukseskan Pemilu tahun 2024 di Kota Singkawang. Menurutnya, pemetaan TPS rawan menjadi bagian mitigasi Bawaslu agar apa yang sudah terjadi pada Pemilu tahun 2019, dapat dicegah tidak terjadi kembali di tahun 2024.

“Ada dua indikator, yaitu pertama tahun 2019 berkaitan dengan surat suara dan kedua berkaitan dengan distribusi logistik,” kata Hendro.

Ia mengatakan bencana banjir yang terjadi pada tahun 2022 di Kota Singkawang, menjadi konsentrasi pihaknya mengingat bulan Februari masih masuk musim hujan. “Semoga, hingga tanggal 14 Februari nanti sampai seminggu kedepan cuaca cerah sehingga pelaksanaan Pemilu berjalan lancar,” harapnya.

Mengingat tanggal 10 Februari 2024 pukul 23.59 Wib merupakan hari terakhir pelaksanaan kampanye dan tanggal 11-13 Februari memasuki masa tenang, Ia mengimbau kepada pimpinan parpol, bacaleg untuk bersama-sama menertibkan alat peraga kampanye (APK) yang tersebar di Kota Singkawang.

“Tanggal 11 Februari kita bersama-sama, bahu membahu melepaskan atau menertibkan APK dan bahan kampanye di Kota Singkawang. Harapan kami semua pihak dapat bersinergi untuk menertibkan APK ini,” ajaknya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Singkawang Sumastro berharap pemilu ini menjadi satu sarana untuk mewujudkan pemerintahan yang lebih berorientasi pada kesejahteraan rakyat.

“Oleh karena itu, kita berharap hal-hal yang berkaitan dengan kerawanan itu tidak mesti terjadi. Kita harus melakukan mapping, mitigasi dan identifikasi hal-hal yang berkaitan dengan kerawanan itu,” katanya.

“Jika ada kerawanan, kita selesaikan baik-baik dengan satu koordinasi, komunikasi dan sinkronisasi. Tidak boleh ada provokasi, tidak ada hasut menghasut, kita ada simpul koordinasinya,” tambahnya.

Ia mengungkapkan dirinya bersama jajaran forkopimda siap untuk membackup hal-hal yang menjadi bagian dari tanggung jawab kita bersama untuk mensukseskan Pemilu Tahun 2024.

“Ini menjadi semangat kita bersama. Sebagai Pj Wali Kota saya wajib mengedukasi seluruh elemen masyarakat untuk berdemokrasi yang dewasa dan berorientasi untuk membangun bangsa dan negara menjadi bangsa yang hebat menuju Indoensia Emas 2045,” ujarnya.

Bid. IKP