Singkawang, MC – Polres Singkawang menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Liong Kapuas di halaman Mapolres, Jumat (9/2/2024). Apel diikuti unsur TNI, Polri, Dishub, Satpol PP dan stakeholder lainnya.

Kapolres Singkawang, AKBP Fatchur Rochman membacakan amanat Kapolda Kalbar mengatakan pelaksanaan apel ini dilaksanakan sebagai upaya persiapan pengamanan perayaan Tahun Baru Imlek 2575 dan Cap Go Meh 2024.

“Ops Liong Kapuas 2024 ini akan dilaksanakan selama 17 hari, terhitung mulai dari tanggal 9 sampah 25 Februari 2024,” katanya.

Pelaksanaan Operasi Liong Kapuas difokuskan pada 8 wilayah di Kalbar, yakni Polresta Pontianak, Polres Kubu Raya, Polres Mempawah, Polres Singkawang, Polres Sambas, Polres Bengkayang, Polres Sintag, dan Polres Bengkayang.

Pada pelaksanaan Operasi Liong Kapuas ini, Polda Kalbar dan jajaran membuat 18 Pos pengamanan di berbagai titik.

“Nantinya, selain bertugas di Pos pengamanan, personal kepolisian juga akan mengamankan berbagai tempat ibadah dan pusat keramaian,” ujarnya.

Adapun dalam Operasi mandiri kewilayahan Liong Kapuas 2024 ini, Polda Kalbar telah menyiapkan sebanyak kurang lebih 766 personel dengan rincian 183 personel Satgasopsda dan 583 satgas Polres/Polresta, yang nantinya akan diploting di berbagai lokasi dan titik titik rawan sesuai rencana pengamanan.

Terdata sekitar 990 Klenteng/Vihara yang ada di wilayah hukum Polda Kalbar dan 87 titik yang kemudian menjadi target prioritas pengamanan, Polda Kalbar juga akan mendirikan 18 pos pengamanan di berbagai lokasi di wilayah Kalimantan Barat.

Bid. IKP