Singkawang, MC29 – Pj. Wali Kota Singkawang Sumastro melantik dan mengambil sumpah janji jabatan Penjabat Sekretaris Daerah Kota Singkawang di Balairung Kantor Wali Kota, Senin (29/5/2023).

Pj. Sekretaris Daerah Kota Singkawang dijabat oleh Aulia Candra yang sebelumnya sebagai Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Barat.

Prosesi Pelantikan ditandai dengan penandatanganan berita acara sumpah jabatan dan dokumen pakta integritas yang disaksikan oleh Kepala BKPSDM Kota Singkawang dan Asisten Pemerintahan dan Kesra.

Pj. Wali Kota Singkawang Sumastro mengucapkan selamat kepada pejabat yang dilantik. Tidak lupa, Sumastro mengatakan jabatan Sekda merupakan jabatan yang sangat penting yang diberikan amanah melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, membina hubungan baik dan bersinergi dengan jajaran Perangkat Daerah, Forkopimda dan stakeholder lainnya.

“Saya atas nama pribadi, pemerintah serta masyarakat Singkawang mengucapkan selamat dan sukses kepada saudara yang dilantik sore ini,” ucapnya.

Sumastro menyampaikan kepada pejabat yang baru dilantik agar dapat segera beradaptasi dengan sistem kerja di lingkungan pemerintah Kota Singkawang agar visi-misi yang diemban dapat segera dijalankan dengan optimal.

“Saya yakin dan percaya Bapak Aulia Candra dapat segera beradaptasi dengan lingkungan kerja di Pemkot Singkawang ini. Saya juga minta kepada seluruh perangkat daerah, instansi vertikal, TNI dan Polri serta stakeholder lainnya untuk dapat memberikan dukungan kepada Pj Sekda dalam menjalankan tugasnya,” tuturnya.

Sumastro menambahkan terkait dengan kinerja pemerintahan, tantangan tugas-tugas Pemkot Singkawang akan semakin berat sehingga diperlukan langkah taktis dan strategis dalam menata, membina dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Sekali lagi Saya ucapkan selamat dan sukses, segera laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, berikan contoh dan teladan yang baik bagi ASN dan masyarakat,” tutupnya.

Sementara itu, Pj. Sekretaris Daerah Kota Singkawang Aulia Candra mengatakan komitmen dalam menjalankan tugas sesuai dengan arahan yang diberikan yaitu untuk membantu kinerja Pj Wali Kota Singkawang dalam pelaksanaan urusan pemerintahan di Kota Singkawang.

“Bahwa komitmen saya di sini sesuai dengan penugasan juga diminta untuk membantu pj wali Kota dalam hal pelaksanaan urusan pemerintahan di Kota Singkawang. Terkait kebijakan tetap melalui pj wali Kota. Kami sebagai sekda tetap akan mendukung segala urusannya,” katanya.

Terkait dengan kinerja dan disiplin ASN, Aulia Candra menjelaskan akan mencoba memberikan peningkatan terhadap disiplin pegawai dengan upaya pendekatan tidak hanya secara represif namun juga secara kemanusiaan.

“Terkait displin pegawai akan coba kita tingkatkan, pendekatannya juga banyak tidak hanya represif tapi juga lebih manusiawi. Yang jelas akan kita lakukan yang terbaik untuk pemerintah dan juga masyarakat kota singkawang,” tegasnya.

Bid. IKP