Singkawang, MC – Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPC GMNI) Kota Singkawang menyelenggarakan Konferensi Cabang (Konfercab) dan Seminar Wawasan Kebangsaan dengan tajuk “Nasionalis Kolaboratif Dalam Keberagaman Budaya Kota Singkawang,’ di Basement Kantor Wali Kota Singkawang, Selasa (21/2/2023).

Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Singkawang, Heri Apriadi mewakili Wali Kota ini turut dihadiri oleh Ketua DPRD Singkawang, Kadis Pendidikan, Kepala Kesbangpol, dan perwakilan unsur Forkopimda Kota Singkawang. Konferensi pertama GMNI Kota Singkawang, bertujuan untuk memilih anggota Pengurus Cabang GMNI Cabang Kota Singkawang periode 2023 – 2025.

Heri Apriadi menyebutkan semangat dalam orasi-orasi mahasiswa ini melambangkan karakter mahasiswa sesungguhnya. Ia merasa bahagia atas kembalinya GMNI untuk ikut andil dalam pembangunan di Kota Singkawang. Menurutnya, GMNI harus menjadi mitra kritis dan strategis Pemerintah Kota Singkawang, dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat melalui pembangunan.

“Setelah mendengar orasi mahasiswa tadi yang penuh semangat, inilah yang melambangkan karakter mahasiswa sesungguhnya,”sebutnya.

“Saya merasa bahagia, GMNI bisa hadir kembali di Kota Singkawang, serta bisa ikut andil dalam pembangunan, dan GMNI ini harus menjadi mitra kritis dan strategis pemerintah dalam mewujudkan pembangunan, demi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat,” menurutnya.

Ia mengigatkan kepada pengurus GMNI yang akan dipilih nanti, untuk memperkuat koordinasinya dengan Pemkot Singkawang melalui dinas terkait, seperti Dinas Pendidikan, Kesbangpol, dan Dinas Pemuda dan Olahraga.

Ia berharap GNPI bersungguh-sungguh dalam mewujudkan tujuan utamanya yaitu untuk mendidik kader bangsa untuk mewujudkan nasionalisme anak bangsa yang berdasarkan Pancasila dan Undang – undang dasar 1945.

“Pengurus GMNI yang akan dipilih nanti, harus menguatkan koordinasinya dengan Pemkot Singkawang melalui Dinas Pemdidikan, Kesbangpol, dan Dispora,” katanya.

“GMNI harus bersungguh-sungguh dalam mewujudkan tujuannya dalam mendidik kader bangsa untuk mewujudkan nasionalisme anak bangsa yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” tegasnya.

Diakhir sambutannya, Kadisparpora menerangkan, bahwa GMNI harus selalu bersikap independen, bebas aktif, serta tidak terpengaruh partai politik manapun. Dan ia pun berpesan, GMNI jangan hanya semangat pada saat masa pembentukannya saja, namun harus terus berjalan menjalankan programnya dengan baik dan secara terus menerus.

“GMNI harus selalu bersikap independen, bebas aktif, dan tidak terpengaruh partai politik manapun,” ujarnya.

“Dan saya berpesan agar GMNI tidak hanya bersemangat pada saat pembentukannya saja, namun harus terus menerus berjalan dan menjalankan programnya dengan baik secara terus menerus,” tutupnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik