Singkawang, MC – Melalui kegiatan Aksi Bersama Cegah Stunting, Pemerintah Kota Singkawang memberikan bantuan bahan makanan tambahan bagi balita stunting kepada 35 Keluarga di Posyandu Maya Karya Jalan Buduk Sebakuan Kelurahan Mayasopa Kecamatan Singkawang Timur, Rabu (15/02/2023).

Penyerahan bantuan ini secara simbolis dilakukan langsung Pj Wali Kota dengan bersama Forkopimda Singkawang.

Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro mengatakan bantuan ini disalurkan sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kota Singkawang terhadap upaya penurunan stunting di Kota Singkawang.

“Walaupun dikemas dengan sederhana Ini mudah-mudahan, suatu langkah awal dari kepedulian kita semua terhadap upaya penurunan stunting di Kota Singkawang.” katanya.

Sumastro menyampaikan target untuk menekan prevalensi stunting yang sekarang berada di angka 23,5 % hingga menjadi di bawah 14% sesuai target nasional tentu saja menjadi tantangan yang tidak sederhana bagi Pemerintah Kota Singkawang.

Sehingga untuk mencapai itu, Sumastro mengatakan perlu adanya dukungan kesadaran dan perubahan perilaku dari seluruh masyarakat.

“Tantangan berat untuk menurunkan prevalensi stunting, dan itu tidak sederhana. Dan akan sulit kalau tidak didukung oleh kesadaran dan perubahan perilaku masyarakatnya.” jelasnya.

Sumastro meminta kepada seluruh kecamatan di Kota Singkawang untuk kembali memberdayakan posyandu-posyandu untuk memperhatikan masyarakat, melakukan pembinaan terkait pemahaman kesehatan dan gizi bagi ibu hamil dan balita.

“Saya yakin bapak ibu di sini selalu mengutamakan kesehatan anaknya. Sehingga gizinya diharapkan dapat meningkat dan status stuntingnya ini dapat diperbaiki.” sambungnya.

Ia juga menegaskan gerakan Derma yang menjadi sumber dari bantuan ini adalah suatu bentuk kesepakatan bersama dan himbauan aksi sosial gotong royong kemanusiaan yang bersifat tidak memaksa atau mengikat.

“Mudah-mudahan ASN yang mendermakan paket ini dapat menjadi ladang ibadah. Himbauan gerakan ini sifatnya tidak mengikat atau sukarela saja. Jadi jangan sampai disalah artikan. Ini adalah bagian dari mengambil kesempatan untuk meringankan warga masyarakat yang masuk kategori memiliki balita stunting.” harapnya.

Terakhir Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam kegiatan pemberian bantuan ini, semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat dan mampu meringankan keluarga balita stunting.

“Terimakasih untuk semuanya, Ketua DPRD, Kejari, Kapolres, Dandim dan semuanya yang telah berkontribusi dalam bantuan ini. Semoga menjadi berkah dan dapat menyelamatkan anak-anak balita kita.” pungkasnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik