Singkawang, MC – Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Taman Kanak-kanak Al- Quran (LPPTKA) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid  Indonesia (BKPRMI) Kota Singkawang menggelar Wisuda Akbar Santri Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Se Kota Singkawang di Hotel Mahkota Singkawang, Sabtu (9/12/2023). Kegiatan ini turut dihadiri oleh Penjabat Wali Kota Singkawang Sumastro.

“Apresiasi yang sangat tinggi kepada panitia penyelenggara yang telah menggagas kegiatan ini, Saya juga ingin mengucapkan selamat kepada para wisudawan/wisudawati santri yang telah lulus TPQ, terus belajar untuk mendalami Al Quran sehingga kita akan menjadi insan Indonesia yang berakhlak mulia.” kata Sumastro.

Sumastro menyampaikan, melalui TPQ ini diharapkan dapat membentuk bibit-bibit unggul sebagai aset bangsa yang tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual tetapi juga iman dan taqwa.

“Mudah mudahan melalui TPQ, bibit bibit unggul Kota Singkawang berupa anak usia dini menjadi aset bangsa yang tangguh, bukan hanya ilmu pengetahuan tetapi iman dan taqwa kepada Allah.” ungkapnya.

Ia juga berpesan kepada para orang tua santri, untuk senantiasa mendidik dan membina putra-putrinya agar menjadi anak yang sehat, memiliki keimanan dan berakhlak mulia serta terhindar dari perilaku hidup menyimpang dan bertentangan dengan norma hukum sosial dan agama.

“Saya berpesan kepada orang tua, harus selalu membina anak-anaknya dengan baik agar menjadi anak yang sehat, menanamkan nilai keimanan  dan dihindarkan dari perilaku hidup yang menyimpang seperti penyalahgunaan narkoba dan lain lain yang bertentangan dengan norma agama dan norma hukum sosial.” pesannya.

Ketua Panitia Wisuda Akbar Fakhrul Islam mengatakan Wisuda ini bertujuan sebagai bentuk syiar agar menarik perhatian dan partisipasi masyarakat untuk dapat mengarahkan anak-anaknya mengikuti kegiatan TPQ pada daerah masing-masing.

Ia menambahkan, para Santri yang diwisuda kali ini sebanyak 490 orang yang berasal dari 51 TPQ yang ada di Kota Singkawang. Yang diantaranya berasal dari Singkawang Timur 42 Santri, Singkawang Barat 68 Santri, Singkawang Selatan 103 Santri, dan Singkawang Tengah 137 serta Singkawang Utara 140 Santri.

“Wisuda ini diikuti oleh 489 orang dikarenakan 1 Santri sedang sakit. Semoga pada Wisuda Akbar kali ini, dapat menjadikan anak-anak generasi Quran yang dapat menyongsong masa depan dengan gemilang.” tutupnya.

Bid. IKP