Singkawang, MC – Sebanyak 15 orang dilantik menjadi anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se-Kota Singkawang di Aula Dangau Resort Singkawang, Jumat (28/10/2022). Para anggota Panwaslu Kecamatan ini telah melewati berbagai tahapan seleksi, seperti tahap seleksi CAT hingga tahap seleksi wawancara.

Pengambilan sumpah janji jabatan dan pelantikan dilakukan oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Singkawang. Prosesi ini merupakan rangkaian akhir dari proses seleksi dan penetapan calon anggota Panwaslu Kecamatan Terpilih se-Kota Singkawang untuk Pemilu 2024.

“Panwaslu Kecamatan yang terpilih dan dilantik ada sebanyak 15 orang dengan harapan mereka dapat membantu tugas dan fungsi Bawaslu Kota Singkawang. Kita juga membekali mereka dalam hal pengawasan pemilu 2024, karena tahapan-tahapan pemilu juga sudah berjalan. Saat ini, kita sudah masuk pada tahapan verifikasi partai politik,” ujar Zulita, Ketua Bawaslu Singkawang.

“Berdasarkan hasil seleksi CAT, kita seleksi berdasarkan ranking tertinggi per Kecamatan sehingga terkumpullah total 30 orang calon. Kemudian, kita lakukan seleksi kembali melalui proses wawancara dan  15 orang inilah yang terpilih. Rata-rata yang berhasil lolos memang orang baru tapi mereka juga sudah punya wawasan dan latar belakang kepemiluan. Bawaslu tetap akan berperan memberikan penguatan kapasitas kepada mereka secara intensif,” tambahnya.

Adapun 15 anggota Panwaslu Kecamatan se-Kota Singkawang yang dilantik, diantaranya Kornelius To, Parudiman dan Suparman bertugas di Kecamatan Singkawang Timur, Erna Purnama Yanty, Hery Sutrisna dan Kusmara bertugas di Kecamatan Singkawang Selatan, Ayu Gintari, Michael Yoga Anes dan Sahat M. Pakpahan bertugas di Kecamatan Singkawang Barat.

Kemudian, anggota Panwaslu di Kecamatan Singkawang Utara, yaitu Abdul Malik, Herman Muin dan Sodikin. Anggota Panwaslu di Kecamatan Singkawang Tengah, yaitu Agus Susanto, Evi Febriana dan Sefriawan.

Hadir pada prosesi pengambilan sumpah janji dan pelantikan anggota Panwaslu Kecamatan se-Kota Singkawang, Wakil Wali Kota Singkawang Irwan. Pada kesempatan tersebut, Ia memberikan ucapan selamat kepada para anggota Panwaslu Kecamatan se-Kota Singkawang yang terpilih.

“Atas nama Pemerintah Kota Singkawang, saya ucapkan selamat atas pelantikan yang telah berkalan dengan khidmat ini. Anggota Panwaslu sekarang ini memang sedikit berbeda karena menggunakan sistem proses seleksi CAT dan wawancara. Tentu ini proses yang baik karena hasil kedepan itu sangat ditentukan oleh tahapan-tahapan proses ini,” ujarnya.

“Harapan kita, melihat komposisi dari para anggota Paswaslu Kecamatan yang baru saja dilantik, hanya beberapa orang yang merupakan pemain lama. Maka, para anggota yang baru ini butuh penyesuaian yang cepat untuk segera beradaptasi karena tahapan pemilu sudah dimulai,” tambahnya.

Lebih lanjut, Irwan menambahkan tugas pengawasan yang nantinya dilakukan dapat berjalan adil dan jujur. Untuk itu, Ia menilai peranan anggota Panwaslu Kecamatan sangat penting dalam memberikan wawasan seluas-luasnya melalui penyuluhan kepemiluan kepada masyarakat.

“Artinya, mereka bukan saja menjalankan fungsinya sebagai pemilih. Tetapi juga dapat menjalan hak dan kewajibannya untuk menjalankan kontrol sosial. Sehingga, tugas pengawasan ini tidaknya hanya dilakukan KPU, Bawaslu dan Panwaslu saja, melainkan tugas kita bersama,” ujarnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik