Singkawang, MC – Masyarakat Dayak Salako menggelar Festival Origin Salako Ngabayotn Sabinuo Binuo Garantukng Sakawokng 2023 di Desa Wisata Bagak Sahwa Singkawang Timur, Sabtu (2/6/2023). Acara ini terselenggara dengan dukungan dana dari berbagai pihak yang terkumpul dari 14 Kampung di Kecamatan Singkawang Timur.

Festival ini diwarnai dengan berbagai ritual adat berupa Nyangohot Gawe, Narokng Padi dan Koncong sebagai bentuk doa dan ucapan syukur kepada Jubata (Tuhan) yang memberikan kesejahteraan dan kemakmuran akan hasil panen masyarakat yang berlimpah.

Pj. Wali Kota Singkawang Sumastro memberikan apresiasi atas kelestarian festival kebudayaan yang dilaksanakan oleh masyarakat Dayak Salako ini. Ia berharap hasil panen padi masyararakat Dayak Salako selalu diberikan kelimpahan sebagai sarana peningkatan perekonomian dan menjaga ketahanan pangan di Kota Singkawang.

“Saya berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara konsisten sebagai event pariwisata yang meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Tentunya ini akan berdampak juga bagi kesejahteraan masyarakat dan peningkatan pendapatan asli daerah Kota Singkawang,” ujarnya.

“Kedepannya, semoga event ini terus dilestarikan dan dikemas dalam sebuah inovasi yang menarik. Sehingga para tamu ataupun wisatawan yang berkunjung dapat membawa pulang kenangan akan kebudayaan masyarakat sekitar,” tambahnya. 

Bid. IKP