Singkawang, MC – Upacara Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) di Kota Singkawang digelar di halaman Dinas Perhubungan, Selasa (17/9/2024).

Upacara diikuti jajaran Dishub, Satlantas Polres Singkawang, Subdenpom, Satpol PP, Jasa Raharja, Organda, Ojek Online dan Pelajar.

Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro selaku inspektur upacara membacakan sambutan Menteri Perhubungan RI mengatakan di peringatan yang mengusung tema “Transportasi Maju Nusantara Baru” pembangunan transportasi telah menggunakan paradigma Indonesia sentris.

Dimana program tersebut telah menjadikan Sulawesi kini memiliki infrastruktur perkeretaapian, 27 pembangunan bandara baru 23 diantaranya diluar Jawa dan ratusan pelabuhan dibangun di pulau-pulau terluar Indonesia.

Tidak hanya infrastruktur semata, Menhub dengan bangga menyampaikan pemerintah juga memberikan dukungan subsidi operasional agar layanannya terjangkau, merata dan berkeadilan.

“Penyediaan infrastruktur tersebut juga dibarengi dengan dukungan subsidi operasional sehingga dapat memberikan layanan yang terjangkau, merata dan berkeadilan,” katanya.

Terkait pembangunan transportasi di Kota Singkawang, Pj Walikota meminta Dishub mampu menjawab tantangan manajemen dan rekayasa lalu lintas yang lugas dan tertib.

“Tantangan yang harus kita hadapi saat ini adalah manajemen dan rekayasa lalu lintas yang memberikan solusi berupa lalu lintas yang lugas dan tertib,” ujarnya.

Selain itu, ia berharap perparkiran di Kota Singkawang harus berbasis teknologi digital.

Alasannya, hal tersebut akan mengoptimalkan pendapatan daerah dan menghindari pungutan liar (Pungli).

“Kita berupaya meminimalisir pembayaran tunai melalui sebuah sistem digital di parkir umum agar pendapatan lebih terukur dan menghindari pungli,” harapnya.

Tidak hanya digitalisasi perparkiran, Dishub Singkawang juga diminta Sumastro tingkatkan pelayananan berbasis digital pada layanan uji kendaraan bermotor.

“Pelayanan lain seperti uji kendaraan bermotor juga harus berbasis digital demi meningkatkan kepuasan masyarakat pada pelayanan Dishub,” lanjutnya.

Kepada seluruh insan perhubungan Singkawang, Pj Wali Kota berpesan agar memberikan pemahaman secara bijak kepada masyarakat terkait operasional penerbangan di Bandara Singkawang sesuai kondisi real di lapangan.

“Jika ada masyarakat bertanya tentang operasional penerbangan di Bandara Singkawang, saya berpesan agar pihak Dishub memberikan penjelasan secara bijak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya,” tutup Sumastro.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada Abdi Yasa Kota Singkawang, Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan 2024 serta Mitra Kerja Dishub Singkawang. (Gun)

Bid. IKP/Kominfo