Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang memimpin apel gelar pasukan kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam di kota Singkawang tahun 2021 di halaman kantor Walikota Singkawang, rabu (24/11/2021).

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Kapolres Kota Singkawang, Pasi Ops Kodim 1202 Kota Singkawang, ketua DPRD Kota Singkawang, Ketua Pengadilan Negeri Kota Singkawang, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Singkawang, beserta undangan lainnya.

Dalam amanatnya, Wali Kota Tjhai Chui Mie mengatakan apel ini digelar untuk mengecek sarana dan prasarana, kesiapan personil serta komunikasi dan konsolidasi antar pemangku kepentingan terkait kontinjensi penanganan bencana alam di wilayah kota Singkawang.

“Berkaca dari beberapa wilayah di Kalimantan Barat yang dilanda cuaca buruk sehingga mengakibatkan bencana banjir. Contohnya bencana banjir yg terjadi di Kabupaten Sintang, Melawi, Sekadau dan Ketapang. Maka dari itu, apel ini digelar untuk mempersiapkan pasukan atas kemungkinan terjadinya bencana banjir akibat cuaca buruk di wilayah kota Singkawang.” ujar Tjhai Chui Mie.

Ia mengatakan diperlukan koordinasi dan komunikasi antar dinas dan setiap pemangku kepentingan agar segera melahirkan keputusan dan bantuan yang cepat dan tepat.

Sejumlah sarana prasana berupa peralatan penanggulangan bencana banjir dipersiapkan untuk mengoptimalkan langkah antisipasi bencana banjir, seperti pelampung, life boat, dan lain-lain. “Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir korban jiwa dan kerugian materiil,” tutupnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik