Singkawang, MC – Pemerintah memberdayakan Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) di tingkat desa/kelurahan untuk menjadi mitra pemerintah dalam melakukan komunikasi publik kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Usman Kansong saat menutup rangkaian KIMFest 2023 di Balai Pemuda Surabaya, Sabtu (28/10/2023) malam.

Usman Kansong mengatakan Pemerintah melalui Kemenkomifo memberikan apresiasi terhadap kinerja pegiat KIM di seluruh Indonesia. Apresiasi bagi pegiat KIM di bidang Pertanian, UMKM, dan Pariwisata diberikan melalui ajang Kompetisi KIM yang merupakan salah satu rangkaian acara Festival KIM (KIMFest) 2023. 

“Kualitas kompetisi yang memperlihatkan kompetensi pegiat KIM luar biasa dan sangat kompetitif, sehingga Tim Penilai sepakat memberikan lima kategori tambahan sebagai apresiasi,” katanya.

Ia berharap pegiat KIM di seluruh Indonesia terus melaju mewujudkan dengan melanjutkan program dengan terus berinovasi.

“Diharapkan selanjutnya pegiat KIM mengembangkan programnya guna memajukan potensi kearifan lokal dan perekonomian masyarakat setempat, serta lebih masif mendukung penyebarluasan informasi publik terkait kebijakan dan program prioritas kepada masyarakat,” ujarnya.

Kominfo mengajak semua instansi yang terkait di seluruh Indonesia berkomitmen untuk terus seoptimal mungkin membina dan memberdayakan KIM.

“Agar KIM terus berkembang dan eksis di masyarakat sebagai mitra strategis pemerintah dalam mendukung komunikasi publik pemerintah kepada masyarakat di desa dan kota,” katanya.

Bid. IKP