Singkawang, MC – Tim Gabungan Dinas Perhubungan bersama Satlantas, Sub Denpom, Jasa Raharja, Organda dan BNN melakukan Inspeksi Keselamatan Ramp Check Angkutan Umum Jelang Natal dan Tahun Baru  di Terminal Pasiran dan Terminal Beringin Singkawang, Kamis (23/11/2023).

Dalam inspeksi tersebut, sebanyak 36 angkutan umum diperiksa kelengkapan dokumen serta kelayakannya, sementara tes urine dilakukan terhadap 12 supir oleh BNN Kota Singkawang.

Dari hasil inspeksi tersebut, seluruh kendaraan yang diperiksa dinyatakan masih layak beroperasi dan lengkap secara dokumen, sementara hasil tes urine 12 supir juga menunjukkan hasil negatif dari pemakaian narkoba.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan, Adi Haryadi mengatakan operasi dilakukan sebagai langkah antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan dalam berlalu lintas menjelang Natal dan Tahun Baru 2024.

“Inspeksi ini kita lakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam berlalu lintas menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024,” katanya.

Untuk temuan lain, seperti over dimensi dan lain sebagainya, menurutnya masih bisa di toleransi.

“Ramp check dilakukan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang wajib dipenuhi armada sebelum mengangkut penumpang. Pemeriksaan ini meliputi seluruh sistem keselamatan kendaraan,” ungkapnya.

Adanya pengenalan teknologi Timbangan Portable oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Kubu Raya pada giat itu, disebut Adi kedepannya Kota Singkawang harus memiliki teknologi serupa, karena dapat memudahkan proses penimbangan muatan angkutan umum dimana saja.

“Untuk mengantisipasi kerusakan jalan di Singkawang akibat kendaraan yang membawa muatan berlebih, maka sudah selayaknya Pemkot Singkawang memiliki sebuah Timbangan Fortabel,” ujarnya.

Bid. IKP