Singkawang, MC – Hasil evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkungan Pemerintah Kota Singkawang meraih indeks tertinggi ketiga di Provinsi Kalbar dengan skor 3,33 atau berpredikat baik.

Hasil evaluasi tersebut sebagaimana tertuang dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Nomor 13 Tahun 2024 tentang Hasil Evaluasi SPBE pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah Tahun 2023.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Singkawang, Evan Ernanda menyampaikan apresiasi atas kinerja yang telah diberikan oleh TIM SPBE Kota Singkawang dalam rangka optimalisasi penerapan SPBE untuk tahun 2023.

“Alhamdulilah telah dilaksanakannya proses Evaluasi SPBE Tahun 2023. Saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kinerja Tim SPBE Kota Singkawang, yang telah berpartisipasi dan bekerja keras dalam rangka mengoptimalkan penerapan SPBE tahun 2023.” katanya, Senin (15/1/2024).

Evan menyebutkan, dalam penilaian tahun ini Kota Singkawang telah berhasil melampaui target dengan hanya tertinggal dari Provinsi Kalbar dan Kota Pontianak diurutan pertama dan kedua.

Ia menambahkan, dalam Laporan Hasil Evaluasi (LHE) SPBE tersebut memuat rincian Indeks Domain dan Indeks Aspek, serta Nilai Tingkat Kematangan dari 47 indikator penilaian.

“Melalui serangkaian tahapan yang diawali Penilaian Mandiri, kemudian dilanjutkan tahapan Penilaian Eksternal melalui Penilaian Dokumen dan Penilaian Interview. Dengan ini penilaian Kota Singkawang telah jauh melampaui target dengan nilai indeks 3,33 dan memperoleh predikat Baik, sekaligus tertinggi ke 3 setelah Propinsi Kalbar dan Kota Pontianak.” jelasnya.

Evan berharap, penerapan SPBE di Kota Singkawang dapat terus berlanjut dan ditingkatkan secara konsisten sehingga dapat semakin berkontribusi dalam mendukung sistem pemerintahan di Indonesia yang lebih maju khususnya di Kota Singkawang.

“Saya berharap, upaya dan sinergitas penerapan SPBE di Kota Singkawang akan terus berlanjut secara konsisten dan berkontribusi dalam untuk mewujudkan Indonesia maju.” tutupnya.

Bid. IKP