Singkawang, MC – Sebagai organisasi yang menaungi para pemuda, Karang Taruna tentunya harus memiliki jiwa kepedulian terhadap sosial dan lingkungan, terlebih kepedulian terhadap lingkungan wisata yang menjadi sektor unggulan Kota Singkawang.

Hal ini disampaikan oleh Pj Sekda Kota Singkawang Aulia Candra pada kegiatan Bhakti Sosial Karang Taruna yang berlokasi di Samping Gereja Santa Fransiska Jalan Nek Usun Kelurahan Nyarumkop Kecamatan Singkawang Timur, Kamis (5/10/2023) pagi.

“Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, potensi wisata di Singkawang Timur cukup besar. Ada juga masukan-masukan untuk membangun Desa Wisata, itu saran yang sangat baik, maka dari itu perlu dukungan para pemuda dan masyarakat.” Kata Pj Sekda.

Ia mengatakan kemajuan suatu daerah tidak lepas dari andil para pemuda. Kepedulian pemuda akan potensi wisata didaerahnya dapat diimplementasikan dengan merubah perilaku dan pola pikir untuk lebih sadar wisata.

“Yang bisa membangun desa wisata di sini adalah masyarakat di sini juga, jadi butuh kesadaran akan wisata. Begitu bapak/ibu sudah sadar wisata, perilaku menjaga objek wisatanya juga akan berubah. Menjadi lebih peka dalam merawat lokasi wisata agar tetap enak dilihat dan orang-orang tetap ramai berkunjung.” jelasnya.

Dirinya menyarankan agar para pemuda dapat memanfaatkan kemajuan teknologi dan sosial media sebagai wadah inovasi untuk promosi perdagangan maupun wisata.

“Sekarang perdagangan secara online sudah bisa, apalagi sekarang lagi ada pesta durian. Itu dapat diviralkan dan hadirkan inovasi penjualan online. Atau kalau ada suatu event di lokasi wisata bisa divideokan supaya makin tahu dan menarik masyarakat luas.” tegasnya.

Ia berharap, masyarakat Kota Singkawang khususnya para pemuda dapat terus berperan aktif dalam membangun dan menjaga wilayahnya sebagai bagian dari memajukan Kota Singkawang.

“Harapannya peran pemuda terutama karang taruna di sini bisa semakin aktif dan semangat dalam membangun wilayahnya, merawat dan menjaga. Karena dibangunkan pemerintah pun kalau tidak dijaga dengan baik juga percuma. Semoga kegiatan pada hari ini membawa kemajuan untuk Kota Singkawang.” tutupnya.

Bid. IKP