Singkawang, MC – Singkawang Sumpit Turnamen 2022 di gelar dalam rangka memperingat Hari Kemerdekaan ke 77 Republik Indonesia. Turnamen ini berlangsung pada tanggal 13-14 Agustus 2022 di halaman Mess Daerah.

“Kegiatan turnamen ini kita laksanakan dalam rangka memperingati HUT RI ke-77 dan sekaligus membangun semangat kebersamaan masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah Kalimantan Barat. Meskipun kita berbeda-beda, namun memiliki semangat yang sama yaitu untuk memasyarakatkan Olahraga Rekreasi melalui tunamen sumpit ini,” ujar Edwin Kurniawansyah, Ketua Komite Olahrga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Singkawang.

Edwin menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Singkawang yang telah mendukung kegiatan ini. Melalui ajang ini, Ia berharap Olahraga Rekreasi Sumpit semakin dikenal luas oleh masyarakat.

Sebanyak 5 (Lima) kategori yang diperlombakan, yaitu kategori perseorangan tingkat SD, kategori perseorangan tingkat SMP, kategori perseorangan Dewasa Putra, kategori perseorangan Dewasa Putri dan kategori regu campuran.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Dewan Adat Dayak Kota Singkawang Stephanus menyampaikan secara singkat sejarah Sumpit. Budayanya, Sumpit ini adalah sebuah senjata untuk berburu bagi masyarakat terdahulu

“Selain berburu, sejarah mencatat Sumpit juga menjadi senjata tradisional melawan para penjajah dari jarak jauh karena suara tembaknya yg senyap,” ujarnya.

“Seiring berjalannya waktu, Sumpit kini menjadi Olahraga Rekreasi yang memiliki nilai sejarah dan daya tarik wisata. Maka dari itu, saya sangat mengapresiasi upaya yang melestarikan Sumpit ini pada ajang Singkawang Sumpit Tournament,” tambahnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik