Singkawang, MC – Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Singkawang, Heri Apriyadi membuka kegiatan Singkawang Sumpit Turnamen 2022 di halaman Mess Daerah, Sabtu (13/8/2022). Turnamen ini berlangsung selama 2 hari dan diikuti sebanyak 74 peserta dari berbagai daerah di Kalimantan Barat.

Dalam sambutannya, Heri Apriyadi mengapresiasi Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Singkawang yang telah mengemas Singkawang Sumpit Tournament ini. Turnamen Sumpit merupakan salah satu perwujudan Olahraga Masyarakat.

“Turnamen Sumpit ini merupakan agenda Pemerintah Kota Singkawang yang pelaksanaannya diserahkan kepada pihak ketiga. Selain itu, kegiatan ini merupakan salah satu agenda luar biasa karena Sumpit memiliki nilai sejarah dan budaya,” ujarnya.

Berdasarkan UU nomor 11 tahun 2022 tentang keolahragaan, Undang-Undang ini menyebutkan bahwa Olahraga adalah segala kegiatan yang melibatkan pikiran, raga, dan jiwa secara terintegrasi dan sistematis untuk mendorong, membina, serta mengembangkan potensi jasmani, rohani, sosial, dan budaya.

Ruang lingkup Olahraga meliputi kegiatan Olahraga Masyarakat, Olahraga Prestasi, Olahraga Amatir, Olahraga Professional dan Olahraga Penyandang Disabilitas. Dalam Hal ini, Singkawang Sumpit Tournament termasuk dalam Olahraga Masyarakat.

UU nomor 11 Tahun 2022 Bab I tentang Ketentuan Umum, pada pasal 1 menyebutkan Olahraga Masyarakat adalah Olahraga yang dilakukan oleh Masyarakat berdasarkan kegemaran dan kemampuan yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan kondisi dan nilai budaya masyarakat setempat yang dilakukan secara terus-menerus untuk kesehatan, kebugaran, dan kegembiraan.

“Kita tahu bahwa Olahraga Rekreasi Singkawang Sumpit Tournamen ini adalah Olahraga Masyarakat. Kemudian, Olahraga ini dilakukan berdasarkan budaya dan kemampuan yang berkembang di masyarakat. Tujuannya untuk kesehatan, kebugaran, kegembiraan dan membangun hubungan masyarakat,” jelasnya.

Kedepannya, Heri Apriyadi berharap Singkawang Sumpit Tournament ini dapat dikemas lebih baik lagi dengan bantuan dari KORMI Kota Singkawang.

“Kegiatan ini perlu dikemas sedemikian rupa. Jadi, perlu kita upayakan adalah mempersiapkan sumber daya keolahragaannya. Kemudian, pelatih dan wasit yang kompeten dan bersertifikasi,” harapnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik