Singkawang, MC – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang kembali menggelar media gathering dalam rangka sinergi KPU bersama media jelang persiapan pemilu 2024. Pertemuan tersebut dilaksanakan di  Kantor KPU Singkawang, Jumat (3/3/2023) sore.

Ketua KPU Kota Singkawang Riko mengatakan Provinsi Kalimantan Barat terpilih menjadi salah satu dari tujuh Provinsi yang ditunjuk untuk melaksanakan Kirab Pemilu 2024.

“Kebetulan untuk pemilu 2024 nanti, Kalbar merupakan salah satu provinsi yang ditunjuk untuk menggelar Kirab Pemilu” katanya.

Riko menyampaikan Kirab Pemilu 2024 untuk Provinsi Kalimantam Barat akan berlangsung di daerah Kota Singkawang dalam waktu dekat.

“Kota Singkawang mendapat kesempatan untuk menjadi tempat Kirab Pemilu 2024 tepatnya setelah Pontianak, Kuburaya dan Mempawah. Pada senin nanti kita akan menerima mobil Kirab Pemilu 2024 dari KPU Mempawah. Yang nantinya setelah di Kalbar akan dilanjutkan ke Kalimantan Tengah” jelasnya.

Ia menambahkan, Kirab Pemilu 2024 ini mengusung tema Pemilu sebagai Sarana Integrasi Bangsa yang sekaligus bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat berkaitan dengan Pemilu di tahun 2024.

Pada kesempatan yang sama, Anggota KPU Kota Singkawang Umar Faruq mejelaskan kegiatan serah terima Kirab Pemilu 2024 dari KPU Mempawah akan dilakukan secara seremonial. Dimana nantinya juga akan ada pembacaan deklarasi bersama dengan para tamu undangan yang hadir.

“Untuk yang kegiatan serah terima nanti insyaallah tanggal 6 maret itu lebih kepada acara seremonial. Kita nanti akan mengundang Pj Wali Kota beserta forkopimda, bawaslu, KPU provinsi, tim pemeriksa daerah dan lain lain” sambungnya.

Umar menambahkan Kirab Pemilu ini sebagai wujud komitmen bersama KPU daerah dalam mensukseskan Pemilu 2024. Ia berharap Kirab Pemilu 2024 nantinya dapat berjalan dengan baik.

“Ini adalah suatu bentuk komitmen yang teguh dari kita bersama dan KPU daerah khususnya dalam mensukseskan pemilu 2024. Semoga Kirab Pemilu ini dapat berkalan dengan lancar dan sosialisasinya nanti dapat tersampaikan kepada masyarakat” tutupnya.

Perlu diketahui, Dalam Kirab Pemilu 2024, mobil Kirab ini nantinya akan membawa 18 bendera Partai Politik Nasional untuk diperkenalkan ke khalayak publik. Mobil Kirab akan berkeliling di lima Kecamatan se Kota Singkawang dengan memprioritaskan kunjungan ke tempat-tempat keramaian. Dan pada hari ketujuh, mobil Kirab akan diserahkan ke KPU Kabupaten Sambas guna melanjutkan agenda tersebut.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik