Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang menggelar Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Kota Singkawang tahun 2023 di Halaman Mess Daerah Singkawang, Rabu (13/9/2023). Kegiatan ini mengangkat tema ‘Merawat Bumi Merawat Kebudayaan’.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang Asmadi mengatakan kegiatan ini merupakan serangkaian aktifitas berjenjang mulai dari daerah hingga nasional dengan tujuan melestarikan kebudayaan Indonesia. Selain itu juga merupakan wujud implementasi dari agenda strategis untuk pemajuan kebudayaan daerah.

“PKD ini merupakan serangkaian aktifitas berjenjang dari daerah hingga nasional dengan tujuan melestarikan kebudayaan Indonesia selain itu juga merupakan wujud implementasi dari agenda strategis pemajuan kebudayaan dengan cara menyediakan ruang ataupun wadah bagi keberagaman, ekspresi budaya serta mendorong interaksi budaya guna memperkuat kebudayaan yang inklusif.” jelasnya.

Kegiatan PKD tahun ini berlangsung selama 4 hari mulai dari tanggal 13 sampai 16 September 2023 dengan menampilkan berbagai macam pertunjukan kebudayaan yang edukatif.

“Pelaksanaan PKD akan dilaksanakan selama 4 hari dimulai tanggal 13 September sampai dengan 16 September di halaman mess daerah Kota Singkawang. Beberapa kegiatan akan dilaksanakan selama PKD selain pameran karya seni dan kuliner tradisional, yang diikuti oleh sekolah dan UMKM, pagelaran seni budaya yang diikuti sekolah, sanggar dan komunitas. Perlombaan fashion show baju adat untuk jenjang RA/TK dan perangkat daerah.” ungkapnya.

Asmadi menambahkan jumlah peserta yang berpartisipasi sebanyak 93 peserta pagelaran seni, dan 33 peserta stand pameran dengan total keseluruhan partisipasi sekitar 1300 orang.

Ia berharap dengan digelarnya PKD yang telah menjadi agenda tahunan ini, Disdikbud Kota Singkawang dapat berkontribusi lebih banyak dalam mengembangkan nilai-nilai luhur budaya bangsa, memperkaya keberagaman budaya dan mencerdaskan anak bangsa khususnya di Kota Singkawang.

“Setelah pelaksanaan PKD pada bulan Oktober nanti untuk memperingati HUT Pemkot Singkawang kami juga akan menyelenggarakan festival budaya nusantara. Dimana kita akan melihat seni budaya dari 17 paguyuban yang ada di Kota Singkawang, serta lomba permainan tradisional bakiak dan galah hadang untuk seluruh OPD, instansi vertikal dan TNI Polri.” pungkasnya.

Bid. IKP