Singkawang, MC – Ratusan warga Kota Singkawang antusias menyaksikan kemeriahan Singkawang Ethnic Carnival (SEC). Seolah tiada henti mengiringi suka cita hari jadi ke-22, Kota Singkawang menghadirkan acara Singkawang Ethnic Carnival (SEC) tahun 2023 dengan tema Harmony In Diversity pada Sabtu (21/10/2023) siang.

Suasana hujan tak menyulutkan semangat warga dalam menyaksikan 22 peserta yang mengitari sejumlah jalan di Kota Singkawang mulai dari Jalan Diponegoro, Jalan Niaga, Jalan Sejahtera, Jalan Pai Bakir hingga berakhir kembali di Jalan Diponegoro.

Membuka kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar Rita Hastarita mengatakan acara seperti ini sangatlah merepresentasikan Kota Singkawang sebagai Kota Tertoleran keharmonisan dari berbagai etnis dan suku yang ada.

Rita menambahkan karnaval ini selaras dengan upaya Pemerintah dalam pemajuan kebudayaan yakni mendorong peran aktif masyarakat melalui perlindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan kebudayaan.

“Kegiatan ini upaya pemajuan kebudayaan dan sebagai kota yang tertoleran di Indonesia tentunya ini sangat menggambarkan keharmonisan dari berbagai etnis dan suku yang ada di Kota Singkawang.” jelasnya.

Tentunya, Rita mewakili Pemerintah Provinsi Kalbar sangat mendukung dan berharap dapat menjadi event rutin tahunan sehingga bisa semakin banyak peserta yang berpartisipasi dan makin membuka potensi Kota Singkawang lebih banyak dikunjungi wisatawan.

“Selamat bertanding bagi para peserta semuanya dan menjadi ajang unjuk kreatifitas kebudayaan. Semoga kegiatan berjalan lancar dan aman.” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Pj Wali Kota Singkawang Sumastro mengucapkan terimakasih atas kerja keras dan semangat yang diberikan oleh seluruh jajaran peserta dan panitia penyelenggara serta warga masyarakat yang telah antusias menonton pagelaran ini.

“Yang jelas seakan-akan Kota Singkawang tidak mau berakhir pesta kemeriahan hari jadinya. Terimakasih kepada semuanya walaupun cuaca hujan kita semua tetap semangat. Semoga kita selalu dalam koridor toleransi dan menjunjung tinggi nilai-nilai HAM.” ujarnya.

Sumastro mengatakan kegiatan ini tentunya sesuai komitmen bersama dalam melestarikan keberagaman dan harmonisasi berbudaya yang tentunya sebagai daya tarik Kota Singkawang.

Melalui penggambaran ini, Sumastro menegaskan Pemerintah Kota Singkawang siap mendukung dan berharap kedepan kegiatan ini dapat semakin berkembang.

“Dalam harmony in diversity ini, walaupun pesertanya belum banyak mudah-mudahan ke depan dalam semakin lebih banyak dan kita sebagai Kota Tertoleran akan support kegiatan ini di tahun-tahun mendatang.” harapnya.

Bid. IKP