Singkawang, MC – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan Puncak Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2023 dan Launching Desa Wisata Batu Belimbing 2.0 di Desa Wisata Batu Belimbing, Kelurahan Nyarumkop Singkawang Timur, Sabtu (21/10/2023).

Kegiatan dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap produk dan layanan jasa keuangan serta mendorong akselerasi penambahan jumlah rekening maupun penggunaan produk layanan jasa keuangan.

Pj Gubernur Kalbar yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalbar dan Pj. Wali Kota Singkawang turut hadir dalam acara yang mengusung tema “Akses Keuangan Merata Masyarakat Sejahtera” tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalbar, Rita Hastarita mengatakan, inklusi keuangan dapat menjadi solusi meningkatkan akses layanan keuangan pada masyarakat demi menghapus kesenjangan.

Ia meminta semua pemangku kepentingan terlibat aktif dalam memberikan pemahaman serta mendorong lebih banyak lagi masyarakat yang memanfaatkan layanan keuangan yang aman dan terjangkau.

“Saya minta kepada semua yang terlibat dengan ekosistem keuangan, dapat memberikan pemahaman pada masyarakat tentang manfaat inklusi keuangan dan mendorong lebih banyak lagi orang yang memanfaatkan layanan keuangan yang aman dan terjangkau,” katanya.

Rita juga menyampaikan, bahwa Pemprov Kalbar sudah memetakan 20 desa yang akan dijadikan sebagai desa wisata dengan tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar desa wisata tersebut.

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat telah memetakan 20 desa yang akan dikembangkan menjadi desa wisata, langkah itu ditujukan untuk meningkatkan perekonomian warga di sekitarnya, karena apabila perekonomian warga pedesaan sudah meningkat, peluang mereka untuk menggunakan layanan keuangan akan semakin terbuka lebar,” ujarnya.

Sementara, Pj Wali Kota, Sumastro mengatakan, langkah pengembangan desa wisata batu belimbing akan terus ditingkatkan terutama jalan akses masuknya. Ia berpesan kepada OPD terkait, Camat dan Lurah untuk terus berkoordinasi dalam membangun Desa Wisata Batu Belimbing.

“Saya pesan kepada Pak Camat dan Lurah serta OPD terkait, untuk serius dalam mengembangkan wisata ini, kuatkan koordinasi agar kawasan wisata ini memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung,” pesannya.

Menurutnya, kehadiran infrastruktur PLBN Jagoi Babang di Kabupaten Bengkayang, Pelabuhan Internasional Kijing Mempawah serta Bandara Singkawang, dinilai akan menjadi kekuatan kota Singkawang bertumbuh lebih cepat melalui sinergisitas dan kolaborasi serta saling melengakapi untuk mewujudkan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat.

Hal itulah yang menjadi alasan utama dimasa kepemimpinannya sebagai Pj. Wali Kota Singkawang, Sumastro berkomitmen kuat untuk mengembangkan potensi Desa Wisata Batu Belimbing.

“Saya berkomitmen, di masa kepemimpinan saya sebagai Pj. Wali Kota, saya akan konsen untuk memikirkan pengembangan wisata Batu Belimbing,” ujarnya.

Terkait inklusi keuangan, Sumastro yakin apabila perekonomian masyarakat telah bertumbuh seiring berkembangnya potensi wisata di pedesaan, maka secara otomatis akan mendorong mereka untuk lebih cerdas dan cermat dalam mengelola keuangannya melalui pengunaan layanan jasa perbankan.

Bid. IKP