Singkawang, MC – Semenjak awal pandemi Covid-19, pemerintah pusat menyarankan untuk mengganti metode pembayaran tunai ke metode pembayaran non-tunai (cashless) melalui fitur QRIS. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir kontak fisik pada saat melakukan transaksi sehingga dapat membantu menekan laju penyebaran varian baru Covid-19.

Untuk itu, AstraPay menggelar sosialisasi Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) melalui fitur QRIS di Hotel Mahkota Singkawang, Selasa (25/1/2022). Kegiatan diikuti pelaku UMKM di Kota Singkawang.

Melalui rekaman video, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie menyambut baik AstraPay dalam upaya mensosialisasikan Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) melalui fitur QRIS kepada sejumlah UMKM Kota Singkawang. Ia berharap AstraPay dapat menjadi salah satu terobosan yang memberi kemudahan dalam bertransaksi bagi para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM.

“Kepada para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM Kota Singkawang, teknologi pembayaran melalui AstraPay tentunya menjadi inovasi dalam pengembangan ekosistem Ekonomi Kreatif. Maka dari itu, kita harus optimis dan berharap semua sektor dapat pulih dan bangkit dari pandemi Covid-19 ini. Metode pembayaran cashless atau non-tunai tentunya lebih tepat mengingat kondisi sekarang ini dalam upaya menekan laju penyebaran varian baru Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Singkawang, Heri Apriadi mengatakan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif termasuk UMKM perlu mengetahui dan memahami potensi pariwisata  di daerah dan bersinergi memajukannya.

“Dengan perkembangan zaman dam SDM serta kondisi masa pandemi Covid-19, maka transaksi non-tunai dianggap lebih tepat. Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif serta UMKM dapat memanfaatkan berbagai peluang yang ada untuk kemajuan, keamanan, dan kesuksesan usahanya guna mendukung pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Mengangkat tema “Singkawang Ditraktir Astrapay”, Vice President Marketing AstraPay, Amar Ibrahim menawarkan promo cashback sebesar 65 persen untuk para UMKM memulai transaksi melalui fitur QRIS AstraPay.

“Promo ini bertujuan untuk menarik minat masyarakat Singkawang, baik penjual ataupun konsumen, agar beralih ke meetode pembayaran non-tunai yang lebih mudah dan aman. Fitur QRIS AstraPay dapat dipergunakan untuk berbelanja di gerai-gerai UMKM, termasuk juga di bengkel-bengkel Grup Astra. Tinggal scan dan langsung bayar,” ujarnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik