Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang menyiapkan langkah-langkah dalam penanganan banjir di Kota Singkawang.

Hal itu disampaikan Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie usai menggelar rapat bersama Forkopimda, Kantor SAR Sintete dan OPD terkait, Minggu (28/8/2022).

“Pertama, kita akan memberikan bantuan kepada korban terdampak banjir. Kedua, pembentukan Satgas Penanganan Banjir untuk menangani evakuasi dan membangun posko-posko penanganan banjir,” kata Tjhai Chui Mie.

Adapun lokasi posko-posko penanganan banjir yang telah ditetapkan, antara lain Kantor Kecamatan Singkawang Barat, Kantor Kecamatan Singkawang Barat dan LLK. Di posko-posko tersebut juga dipersiapkan dapur umum yang dapat dipergunakan bagi para pengungsi yang wilayahnya terdampak banjir.

Berdasarkan informasi dari BMKG, diperkirakan akan terjadi kondisi naiknya permukaan air laut (ocean tide) pada pukul 17.00 WIB. Dalam hal ini, pihaknya juga segera mengantisipasi terjadinya pasang surut air laut ini.

Satgas Penangan Banjir akan meninjau kembali titik-titik lokasi yang terdampak banjir. Kemudian, pihaknya akan segera mempersiapkan langkah-langkah antisipasi untuk menanggani persoalan banjir lantaran derasnya curah hujan dalam beberapa waktu ini.

“Kita sudah kerahkan anggota TNI/Polri dari kemarin sore untuk standby di titik-titik tertentu. Bahkan, pengamanan lalu lintas saat ini pun sudah dikerahkan dari Kasatlantas Polres Singkawang dan juga dari Dinas Perhubungan” terangnya.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap perubahan cuaca. Ia berharap kondisi cuaca buruk yang menimpa Kota Singkawang ini segera berlalu sehingga dapat melangsungkan aktivitas seperti biasa.

“Untuk itu, saya imbau kepada masyarakat untuk memperhatikan kondisi perubahan cuaca. Utamakan keselamatan. Saya harap kondisi cuaca buruk ini bisa segera berlalu sehingga bisa beraktivitas seperti biasanya,” ujarnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik