Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada warga korban longsor di Gang Batu Mas Kelurahan Pasiran Singkawang Barat, Minggu (28/8/2022). Berdasarkan laporan, sebanyak 3 (tiga) rumah warga yang terdampak.

“Saat ini yang terkena hanya 3 (tiga) rumah. Dimana, kita juga segera tinjau dan berikan bantuan kemanusiaan jangka pendek kepada warga terdampak di lokasi rumah warga yang dinding bolong karena hantaman longsor,” ujar Tjhai Chui Mie.

Bantuan kemanusiaan yang diberikan bersifat jangka pendek berupa kebutuhan bahan pokok dan alat-alat rumah tangga lainnya. Bantuan ini diharapkan dapat membantu meringankan sedikit beban yang menimpa warga

Ia mengimbau masyarakat yang tinggal di dekat kawasan bukit yang longsor tersebut untuk segera mengungsi. “Bisa di posko pengungsian ataupun di rumah saudaranya,” terangnya.

“Bisa kita lihat, para petugas dan dari pihak pemilik usaha sedang gotong royong bekerja menebang pohon-pohon yang berpotensi roboh dan jatuh menimpa rumah-rumah warga. Kita juga standby pasukan TNI/Polri untuk berjaga-jaga terhadap hal-hal yang tidak diinginkan terjadi,” tambahnya.

Sementara itu, Muid, salah satu warga korban longsor, berterimakasih atas bantuan yang diberikan. Selain bantuan berupa kebutuhan bahan pokok, Ia berharap pemerintah juga dapat memberikan bantuan untuk kembali membangun dinding rumahnya yang jebol karena hantaman tanah longsor.

“Terimakasih kepada Ibu Wali Kota untuk bantuan yang diberikan. Saya berharap ada tambahan bantuan dari pemerintah untuk memperbaiki dinding rumah,” ujarnya.

Penyerahan bantuan turut dihadiri Kapolres Singkawang, Dandim 1202 Singkawang, Kepala Dinas Sosial dan PPPA Kota Singkawang, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Singkawang.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik