Singkawang, MC – Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) pelayanan pada UPT Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB), Selasa (8/3/2023).

Tiba di UPT PKB, Pj Wali Kota didampingi Kabid Lalu Lintas Dishub dan Kepala UPT PKB langsung menuju tempat pemeriksaan uji KIR, ruang pelayanan dan beberapa ruangan lainnya.

Kepala UPT PKB, Asmadi mengaku terkejut melihat kedatangan Pj Wali Kota ke UPT PKB. “Terkejut, karena tidak ada informasi apapun sebelumnya. Dan kebetulan juga Kabid Lalu Lintas ada silaturahmi kesini,” katanya.

“Bersyukur juga, setidaknya kehadiran pimpinan bisa melihat langsung kondisi kantor dan pelayanan yang kami berikan,” tambahnya.

Sementara Pj Wali Kota Sumastro meminta program di unit layanan PKB tidah hanya menunggu, tetapi lebih proaktif melakukan suatu bentuk pemeriksaan di lapangan.

“Agar PKB semakin maksimal melayani kendaraan-kendaraan wajib uji, maka programnya tidak hanya menunggu di unit layanan ini. Tetapi lebih dengan cara proaktif melakukan suatu bentuk pemeriksaan di lapangan,” katanya.

Ia mengatakan jika ada kendaraan yang terlambat uji dan lain-lain, harus diberikan peringatan untuk datang ke unit layanan PKB.

“Karena rutinitas dan kepatuhan dini sebagai bentuk melaksanakan fungsi keselamatan juga,” ujarnya.

Menurutnya, kalau ada hal-hal yang berkaitan dengan ketidaklayakan jalan, misalnya remnya pakem, lampunya atau lain-lain, petugas dapat memberikan peringatan dari awal.

“Itu bagian dari upaya peningkatan mitigasi resiko berkendaraan di jalan,” tutupnya.

Bid. IKP